PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS STM (SAINSTEKNOLOGI- MASYARAKAT) DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI FLUIDA KELAS XI SMK

APRILIANA LANDINI CHADIDJAH , NIM. 09690038 (2013) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS STM (SAINSTEKNOLOGI- MASYARAKAT) DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI FLUIDA KELAS XI SMK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS STM (SAINSTEKNOLOGI- MASYARAKAT) DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI FLUIDA KELAS XI SMK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS STM (SAINSTEKNOLOGI- MASYARAKAT) DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI FLUIDA KELAS XI SMK)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Modul Fisika Berbasis STM (Sains-Teknologi-Masyarakat) dengan konten integrasi-interkoneksi pada materi fluida kelas XI SMK, (2) mengetahui kualitas modul fisika yang dihasilkan, (3) mengetahui respon siswa SMK terhadap modul fisika yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Tim Puslitjaknov yang melibatkan 5 langkah utama, yakni: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi produk, serta (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Wanareja. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 7 siswa jurusan teknik mesin pada uji coba skala kecil, dan 35 siswa jurusan teknik mesin pada uji coba skala besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar saran dan kritik untuk validator, lembar penilaian, dan lembar respon siswa. Hasil penelitian ini berupa: (1) modul fisika berbasis STM (Sains- Teknologi-Masyarakat) dengan konten integrasi-interkoneksi pada materi fluida kelas XI SMK, (2) kualitas modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli integrasi-interkoneksi, dan guru fisika SMK secara keseluruhan termasuk ke dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 91,66%; 92,26%; 88,88%; dan 83,33%, (3) respon siswa SMK terhadap modul fisika yang dikembangkan memiliki kategori sangat setuju (SS) pada tahap uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, dengan persentase keidealan masingmasing 82,86% dan 83,54%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Joko Purwanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : modul fisika, STM (Sains-Teknologi-Masyarakat), integrasiinterkoneksi, fluida.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 09:18
Last Modified: 27 Dec 2021 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12099

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum