EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA CERPEN KIMIA PADA MATERI TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ARI MAMI , NIM.08670031 (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA CERPEN KIMIA PADA MATERI TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA CERPEN KIMIA PADA MATERI TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA CERPEN KIMIA PADA MATERI TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media cerpen kimia terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwodadi pada tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pretest-postest control group. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pretest dan postest serta lembar angket motivasi belajar siswa terhadap penggunaan media cerpen kimia dalam pembelajaran kimia. Analisis data untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan analisis data untuk soal test (pretest dan posttest) menggunakan uji t untuk dua sampel yang satu sama lain saling berhubungan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada motivasi belajar siswa baik kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui bahwa persentase rata-rata angket awal motivasi belajar siswa untuk kelas kontrol sebesar 76%, sedangkan kelas eksperimen sebesar 77%. Pada persentase rata-rata angket akhir motivasi belajar siswa untuk kelas eksperimen sebesar 79,2% dan kelas kontrol sebesar 76,02%. Sehingga rata-rata gain motivasi belajar siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 2,2% dan 0,02%. Hal ini juga diperkuat dengan uji hipotesis gain angket dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai sig (1- tailed) sebesar 0,0045 < 0,05. Pada aspek prestasi, hasil analisis uji hipotesis skor gain prestasi belajar siswa dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai sig (1- tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Hal ini berarti rata-rata skor gain prestasi belajar siswa yang menggunakan media cerpen kimia lebih tinggi daripada yang hanya menggunakan LKS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Luluk Mauluah, S.Si.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: cerpen kimia, motivasi, prestasi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Apr 2014 02:27
Last Modified: 22 Feb 2016 02:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12102

Actions (login required)

View Item View Item