PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ALAT UKUR FISIKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA KELAS X PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN

ARI PRASETYA WIDIANA, NIM. 09690031 (2013) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ALAT UKUR FISIKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA KELAS X PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ALAT UKUR FISIKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA KELAS X PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ALAT UKUR FISIKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA KELAS X PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan Ensiklopedia Alat Ukur Fisika sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk SMA/MA Kelas X pada Materi Besaran dan Satuan; (2) mengetahui kualitas Ensiklopedia Alat Ukur Fisika sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk SMA/MA Kelas X pada Materi Besaran dan Satuan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA/MA; (3) mengetahui respon peserta didik terhadap Ensiklopedia Alat Ukur Fisika sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk SMA/MA Kelas X pada Materi Besaran dan Satuan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Tim Puslitjaknov yang melibatkan 5 langkah, antara lain : (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Penelitian dilaksanakan di SMA Ali Maksum dan SMA UII Banguntapan Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar saran dan masukan, lembar penilaian kualitas ensiklopedia dan lembar respon peserta didik. Data kualitas Ensiklopedia diperoleh dari 9 penilai, data respon peserta didik uji coba lapangan skala kecil melibatkan 7 peserta didik, dan uji coba lapangan skala besar melibatkan 35 peserta didik. Data hasil penilaian kualitas ensiklopedia dan respon peserta didik dianalisis dengan menggunakan pedoman kriteria penilaian dan kriteria respon untuk menentukan kualitas ensiklopedia dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini antara lain: (1) produk Ensiklopedia Alat Ukur Fisika sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk SMA/MA Kelas X pada Materi Besaran dan Satuan; (2) kualitas Ensiklopedia yang dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase 85,42% dari ahli materi; 89,06% dari ahli media; 88,03% dari guru fisika SMA/MA; (3) respon peserta didik terhadap Ensiklopedia pada uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar adalah Sangat Setuju (SS) dengan persentase 82,47% dan 82,66%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Daimul Hasanah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ensiklopedia, Alat Ukur Fisika, Sumber Belajar Mandiri, Besaran dan Satuan.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 09:29
Last Modified: 03 Feb 2016 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum