IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA/FISIKA BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN (SD, SMP, SMA) MENGGUNAKAN TES THREE-TIER PADA POKOK BAHASAN GERAK DAN GAYA

AZIZATUR RAHMI , NIM. 08690056 (2013) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA/FISIKA BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN (SD, SMP, SMA) MENGGUNAKAN TES THREE-TIER PADA POKOK BAHASAN GERAK DAN GAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA/FISIKA BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN (SD, SMP, SMA) MENGGUNAKAN TES THREE-TIER PADA POKOK BAHASAN GERAK DAN GAYA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA/FISIKA BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN (SD, SMP, SMA) MENGGUNAKAN TES THREE-TIER PADA POKOK BAHASAN GERAK DAN GAYA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil miskonsepsi pada setiap jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA), serta persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada tiap jenjang pendidikan menggunakan tes three-tier pada pokok bahasan gerak dan gaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes. Tes yang digunakan adalah tes three-tier untuk mengidentifikasi siswa yang memahami konsep, miskonsepsi, dan kurang paham konsep. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VI SD, IX SMP, dan XI SMA yang ada di kecamatan Gerokgak, Singaraja, Bali, dan sampel penelitian yaitu kelas yang ada di sekolah terpilih secara acak. Analisis data miskonsepsi dilakukan secara kuantitatif sehingga diperoleh persentase miskonsepsi siswa yang kemudian dideskripsikan secara naratif. Berdasarkan analisis hasil data, diperoleh 12 miskonsepsi siswa pada pokok bahasan gerak, dan 17 miskonsepsi pada pokok bahasan gaya. Persentase rata-rata miskonsepsi terbesar pada materi gerak jatuh bebas mengenai percepatan gravitasi di SD (53,57%), SMP (49,16%), dan SMA (44,55%) adalah benda dengan massa yang lebih besar akan mencapai tanah lebih dahulu. Sedangkan persentase rata-rata miskonsepsi terkecil pada materi gerak jatuh bebas di SD (0,50%) adalah benda yang lebih padat akan mencapai tanah lebih dahulu, persentase rata-rata miskonsepsi terkecil pada materi gerak jatuh bebas di SMP (0,56%) adalah benda dengan permukaan yang lebih keras akan mencapai tanah lebih dahulu, persentase rata-rata miskonsepsi terkecil pada materi gerak jatuh bebas di SMA (0,45%) adalah benda dengan permukaan yang lebih kecil akan mencapai tanah lebih dahulu. Persentase rata-rata miskonsepsi terbesar pada pokok bahasan gaya di SD (47,30%), SMP (48,60%), SMA (30,91%) adalah mengenai aksi reaksi pada benda yang diam diatas meja maka tidak ada gaya apapun yang bekerja pada meja. Sedangkan persentase rata-rata miskonsepsi terkecil pada pokok bahasan gaya di SD (0,68%) adalah miskonsepsi mengenai diperlukan gaya yang lebih besar untuk mengangkat benda dengan massa yang lebih kecil, persentase rata-rata miskonsepsi terkecil siswa SMP (0,28%) adalah miskonsepsi mengenai gaya sinonim dengan tekanan, dan persentase rata-rata miskonsepsi terkecil di SMA (0,91%) adalah miskonsepsi mengenai diperlukan gaya yang lebih besar untuk mengangkat benda dengan massa yang lebih kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Miskonsepsi, tes three-tier, IPA, fisika, gerak dan gaya
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 09:38
Last Modified: 03 Feb 2016 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum