SENI PERTUNJUKAN KETHOPRAK SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN SOSIAL MASYARAKAT GIRISEKAR ( Studi di Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul )

AHMAD JOKO SUSANTO, NIM. 09540013 (2013) SENI PERTUNJUKAN KETHOPRAK SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN SOSIAL MASYARAKAT GIRISEKAR ( Studi di Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SENI PERTUNJUKAN KETHOPRAK SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN SOSIAL MASYARAKAT GIRISEKAR ( Studi di Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SENI PERTUNJUKAN KETHOPRAK SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN SOSIAL MASYARAKAT GIRISEKAR ( Studi di Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul ))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas tentang seni pertunjukan Kethoprak sebagai media pemberdayaan sosial masyarakat desa Girisekar, kecamatan Panggang, kabupaten Gunung Kidul. Kethoprak merupakan kesenian tradisional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang berupa pertunjukan drama yang memiliki cirri khas kebudayaan Jawa. Berbagai Seniman yang peduli terhadap budaya bangsa tak pernah lelah memperjuangkan ke eksistensi dari kesenian Kethoprak ini, tidak hanya itu saja kesenian tersebut juga harus patut untuk dilestarikan dan dikembangkan di tengah-tengah masyarakat. Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh suatu kelompok masyarakat desa untuk menanggulangi kemiskinan yang ada di daerah pedesaan dan dalam tujuan lain pemberdayaan ini dapat dikatakan sebagai cara untuk mengembangkan diri dalam rangka mencapai tujuan bersama. Kedekatan Kethoprak dengan masyarakat desa secara tidak langsung, membuat kesenian tersebut, mudah masuk dan diterima oleh masyarakat desa. Pemilihan kesenian Kethoprak sebagai media pemberdayaan masyarakat desa dapat menjadi alternatif yang efektif bagi masyarakat desa itu sendiri. Selain itu dengan pemberdayaan media ini, berarti pemerintah juga telah melestarikan budaya khas milik bangsa, yaitu Kethoprak Dalam penelitian ini, penulis membuat dua rumusan masalah penelitian. Pertama, Bagaimana perkembangan kesenian Kethoprak di Desa Girisekar kecamatan Panggang, kabupaten Gunung Kidul. Kedua, tentang Bagaimana gambaran umum kesenian Kethoprak sebagai media pemberdayaan sosial masyarakat Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Selanjutnya, rumusan masalah ini dibahas dan dianalisis dengan Teori Pemberdayaan menurut Jim Ife bahwa pemberdayaan adalah memberikan keterampilan kepada masyarakat untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menentukan masa depannya sendiri dan berpartisipasi dalam mempengaruhi kehidupan masyarakatnya yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: MASROER, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: KETHOPRAK
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 May 2014 08:35
Last Modified: 21 May 2015 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum