EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA KELAS VII SMP N 2 BERBAH SLEMAN

DAIL , NIM. 06600030 (2013) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA KELAS VII SMP N 2 BERBAH SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA KELAS VII SMP N 2 BERBAH SLEMAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA KELAS VII SMP N 2 BERBAH SLEMAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual dengan metode role playing terhadap kreativitas berpikir siswa kelas VII SMP N 2 Berbah Sleman tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain posttest only control group design. Variabel bebas berupa pendekatan kontekstual dengan metode role playing sedangkan variabel terikatnya kreativitas berpikir. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII A, VII B, VII C dan VII D semester II SMP N 2 Berbah Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang diambil dengan cara classter random sampling. Sehingga didapat kelas VII D sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII A sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas uji coba adalah kelas VII C. Metode pengumpulan data penelitian ini berupa soal posttest. Posttest dilakukan untuk mengetahui kemampuan akhir siswa ditinjau dari segi kreativitas berpikir. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil pengumpulan data dianalisis homogenitas dan normalitasnya, setelah itu dilakukan uji perbedaan mean dengan uji-t satu arah dengan taraf signifikansi (Sig.) sebesar 0,05. Hasil perhitungan menunjukkan h i tu n g t = 4,105 dan ta b e l t = 1,668 . Dengan demikian, h i tu n g t > ta b e l t . Kesimpulannya Ho ditolak. Dengan kata lain, pendekatan kontekstual dengan metode role playing lebih efektif terhadap kreativitas berpikir dibandingkan dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Efektivitas, Pendekatan kontekstual, metode role playing, kreativitas berpikir.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Apr 2014 02:49
Last Modified: 25 Jan 2016 04:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12113

Actions (login required)

View Item View Item