PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP POLA PEMIKIRAN REMAJA DI ERA GLOBALISASI (Studi Kasus Terhadap 15 Remaja Pedukuhan II Dukuh Kilung, Desa Kranggan, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo)

NESY ARYANI FAJRIN, NIM. 09540007 (2013) PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP POLA PEMIKIRAN REMAJA DI ERA GLOBALISASI (Studi Kasus Terhadap 15 Remaja Pedukuhan II Dukuh Kilung, Desa Kranggan, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP POLA PEMIKIRAN REMAJA DI ERA GLOBALISASI (Studi Kasus Terhadap 15 Remaja Pedukuhan II Dukuh Kilung, Desa Kranggan, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP POLA PEMIKIRAN REMAJA DI ERA GLOBALISASI (Studi Kasus Terhadap 15 Remaja Pedukuhan II Dukuh Kilung, Desa Kranggan, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (862kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Handphone terhadap Pola Pemikiran Remaja di Era Globalisasi (Studi kasus terhadap 15 Remaja Pedukuhan II Dukuh Kilung, Desa Kranggan, Kecamatan Galur, Kulon Progo)”. Perubahan pola pemikiran merupakan salah satu dari perubahan sosial yang memandang penyimpangan cara hidup yang telah diterima, disebabkan oleh perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi atau terjadinya penemuan baru dalam pola kehidupan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola pikir dan perilaku akibat pengaruh penggunaan handphone dan untuk mengidentifikasi penggunaan handphone akan membentuk indentitas baru remaja masa kini atau tidak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan handphone terhadap pola pemikiran remaja di Pedukuhan II Dukuh Kilung, Desa Kranggan, Galur, Kulon Progo. Jenis penelitian skripsi ini adalah field research atau penelitian lapangan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, remaja, dan warga masyarakat Pedukuhan II Dukuh Kilung, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Data yang dihasilkan adalah bahwa remaja di Pedukuhan II Dukuh Kilung yang memiliki handphone sangat berpengaruh terhadap pola pemikiran mereka. Kemajuan teknologi menciptakan nilai-nilai, norma, kebudayaan, gaya hidup dan ideologi baru bagi remaja dan masyarakat desa. Mereka menjadi malas untuk bersosialisasi, lunturnya jiwa sosial, perubahan pola interaksi sehingga tidak ada bedanya antara masyarakat pedesaan dengan masyarakat kota. Menggeser jati diri mereka yang memiliki norma serta budi pekerti yang luhur bahkan kemerosotan moral sehingga menimbulkan pola pemikiran baru dalam segi kehidupan seharihari dan segi keagamaan mereka, ini merupakan akibat dari adanya alat-alat konsumsi baru salah satunya adalah handphone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. Al Makin, S. Ag., MA
Uncontrolled Keywords: HANDPHONE, PEMIKIRAN REMAJA
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Apr 2014 15:51
Last Modified: 21 May 2015 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum