PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI SEBAGAI BENTUK SIMULASI MATERI LOGIKA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK TEKNIK OTOMOTIF

FAHISAL AFIF ABIDIN , NIM. 09600017 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI SEBAGAI BENTUK SIMULASI MATERI LOGIKA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK TEKNIK OTOMOTIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI SEBAGAI BENTUK SIMULASI MATERI LOGIKA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK TEKNIK OTOMOTIF)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI SEBAGAI BENTUK SIMULASI MATERI LOGIKA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK TEKNIK OTOMOTIF)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media animasi sebagai bentuk simulasi Logika Matematika dalam otomotif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK Teknik Otomotif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan pengembangan mengacu pada model prosedural Borg & Gall yang terdiri dari tiga tahap yaitu analisis, pengembangan, dan uji coba untuk pematangan media. Subjek penelitian adalah dosen, guru, dan peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Sragen tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data menggunakan Instrumen penilaian media, skala sikap motivasi belajar, dan lembar observasi motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan Media pembelajaran animasi simulasi materi logika matematika untuk siswa kelas X SMK Teknik Otomotif. Media Pembelajaran dikembangkan dengan tiga tahapan pengembangan yaitu analisis yang meliputi analisis kurikulum, siswa, guru, dan media pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah tahap pengembangan yang meliputi media pembelajaran dilanjutkan dengan penyusunan instrumen penelitian pengembangan serta validasi media pembelajaran. Tahap berikutnya adalah uji coba untuk pematangan media. Pada tahap ini diketahui kualitas media pembelajaran yaitu berdasarkan penilaian ahli pada aspek materi skor rata-rata yang diperoleh adalah 60 dengan persentase keidealan 86% menunjukkan kategori sangat baik. Penilaian ahli pada aspek tampilan menunjukkan kategori sangat baik dengan memperoleh skor rata-rata 73,67 dengan persentase keidealan 87%. Penilaian pengguna pada kualitas teknis menunjukkan kategori sangat baik dengan memperoleh skor rata-rata 40,66 dengan persentase keidealan 81%. Berdasarkan uji statistik diperoleh kesimpulan bahwa hasil uji coba media yang dikembangkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Uji statistik didukung hasil observasi dengan persentase motivasi belajar pada pertemuan pertama 65%, pada pertemuan kedua 61%, dan 68% pada pertemuan ketiga. Hasil belajar kognitif yang diukur melalui tes hasil belajar menunjukkan hasil yang cukup baik dengan 76% siswa mencapai target KKM dangan nilai rata-rata kelas 75.86.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animasi, Simulasi, Matematika, Motivasi
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Apr 2014 04:04
Last Modified: 25 Jan 2016 04:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12126

Actions (login required)

View Item View Item