PENINGKATAN SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN MENGAPLIKASIKAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SMK MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

FARIDA ARI KUSUMA , NIM. 09600009 (2013) PENINGKATAN SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN MENGAPLIKASIKAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SMK MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN MENGAPLIKASIKAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SMK MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN MENGAPLIKASIKAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SMK MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui peningkatan kemampuan mengaplikasikan konsep matematika pada siswa yang memperoleh contextual teaching learning (CTL) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan self efficacy pada siswa yang memperoleh (CTL) dibandingkan dengan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3)Mengetahui adanya hubungan antara kemampuan mengaplikasikan konsep dengan self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen desain kuasi eksperimen dengan menggunakan bentuk non-equivalent control group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMK N 2 Pengasih tahun ajaran 2012/2013. Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yakni variabel bebas berupa contextual teaching learning (CTL) dan variabel terikat berupa self efficacy dan kemampuan mengaplikasikan konsep matematika. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan skala self efficacy dan tes kemampuan mengaplikasikan konsep matematika. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial yang meliputi uji t/t-test sample independent dan analisis korelasi product-moment Pearson. Pengujian ini dilakukan dengan bantuan software GNU PSPP Ubuntu Version 13.04 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan self efficacy siswa yang memperoleh CTL tidak lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan peningkatan kemampuan mengaplikasikan konsep matematika siswa yang memperoleh CTL lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu, tidak ada hubungan yang signifikan antara self efficacy dan kemampuan mengaplikasikan konsep matematika tidak terdapat hubungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Contextual Teaching Learning (CTL), Kemampuan Mengaplikasikan Konsep Matematika, Self Efficacy
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Apr 2014 11:08
Last Modified: 25 Jan 2016 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12129

Actions (login required)

View Item View Item