UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS VIII B1 SMP IT BINA UMAT MOYUDAN SLEMAN

FITRATUL WULAN FATMASUCI , NIM. 09600016 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS VIII B1 SMP IT BINA UMAT MOYUDAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS VIII B1 SMP IT BINA UMAT MOYUDAN SLEMAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS VIII B1 SMP IT BINA UMAT MOYUDAN SLEMAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik kancing gemerincing dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B1 SMP IT Bina Umat Moyudan Sleman; 2) motivasi siswa dalam belajar matematika melalui model kooperatif tipe STAD dengan teknik kancing gemerincing; 3) hasil belajar siswa pada pelajaran matematika melalui model kooperatif tipe STAD dengan teknik kancing gemerincing; 4) hubungan antara motivasi dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik kancing gemerincing Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B1 SMP IT Bina Umat Moyudan Sleman tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 siswa. Data motivasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan persentase rata-rata motivasi belajar yang meningkat dari satu siklus ke siklus selanjutnya. Data hasil belajar dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test dengan teknik effect size, yaitu membandingkan rata-rata nilai post-test siklus I dengan rata-rata nilai post-test siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran kooperatif menggunakan LKS, pembagian kancing, penyajian materi, pemberian kuis individual dan pembagian hadiah dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa; 2) pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada setiap siklusnya sebesar 6,2%; 3) pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada setiap siklusnya dengan peningkatan sebesar 7,4; 4) Hubungan antara motivasi dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik kancing gemerincing sangat erat, dimana pada setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division (STAD), Kancing Gemerincing
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Apr 2014 04:12
Last Modified: 25 Jan 2016 04:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12131

Actions (login required)

View Item View Item