TUGAS AKHIR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM (Studi Kasus Pada "CV. Sigma Furniture”)

HERI SETIAWAN , NIM. 06660031 (2013) TUGAS AKHIR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM (Studi Kasus Pada "CV. Sigma Furniture”). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TUGAS AKHIR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM (Studi Kasus Pada "CV. Sigma Furniture”))
BAB I, VI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM (Studi Kasus Pada "CV. Sigma Furniture”))
BAB II, III, IV, V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

CV. Sigma Furniture merupakan salah satu industri yang memproduksi meubel. Untuk mengetahui besarnya laba yang diperoleh perusahaan kita perlu mengetahui harga pokok produksi dan biaya dengan tepat. Karena harga pokok produksi merupakan unsure yang penting dalam perusahaan manufactur dan dapat menghitung rugi laba serta penentuan harga jual. Untuk mengatasi masalah tersebut manajemen dapat menggunakan metode activity based costing (ABC System) . penelitian ini membandingkan antara metode ABC System dengan metode konvensional untuk menghitung Harga Pokok produksi dan laba yang diperoleh. Perhitungan Activity based costing (ABC System) menggunakan simulasi dengan program visual basic. Hasil analisa dan pembahasan yang telah dilakukan pada perusahaan CV. Sigma Furniture maka dapat disimpulkan bahwa harga pokok produksi dari hasil penghitungan konvensional harga pokok produk setiap unit produk Rp 3.312.088,- pada meja dengan laba yang di peroleh sebesar Rp 63.015.155,8,- dan harga pokok produksi setiap unit produk Rp 4.167.857,- pada almari dengan laba yang diperoleh sebesar Rp 42.816.047,-. Dan penghitungan harga pokok produk dengan metode ABC system untuk setiap unit produk Rp 3.280.855,5,- pada meja dengan laba yang di peroleh sebesar Rp 73.305.400,5,- dan harga pokok produksi setiap unit produk Rp 4.218.609,7,- pada almari dengan laba yang diperoleh sebesar Rp 52.473.136,-.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Arya Wirabhuana, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Metode Activity based costing system, Metode Konvensional , Simulasi.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Apr 2014 06:28
Last Modified: 21 Mar 2016 06:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12134

Actions (login required)

View Item View Item