PENGENDALIAN PERSEDIAAN MULTI ITEM DENGAN PERMINTAAN PROBABILISTIK DAN KETERBATASAN ANGGARAN PEMBELIAN OBAT MENGGUNAKAN METODE SIMULASI MONTE CARLO (STUDI KASUS PADA GUDANG KDE K24 YOGYAKARTA)

HASAN ARFANI, NIM. 06660040 (2013) PENGENDALIAN PERSEDIAAN MULTI ITEM DENGAN PERMINTAAN PROBABILISTIK DAN KETERBATASAN ANGGARAN PEMBELIAN OBAT MENGGUNAKAN METODE SIMULASI MONTE CARLO (STUDI KASUS PADA GUDANG KDE K24 YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGENDALIAN PERSEDIAAN MULTI ITEM DENGAN PERMINTAAN PROBABILISTIK DAN KETERBATASAN ANGGARAN PEMBELIAN OBAT MENGGUNAKAN METODE SIMULASI MONTE CARLO (STUDI KASUS PADA GUDANG KDE K24 YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGENDALIAN PERSEDIAAN MULTI ITEM DENGAN PERMINTAAN PROBABILISTIK DAN KETERBATASAN ANGGARAN PEMBELIAN OBAT MENGGUNAKAN METODE SIMULASI MONTE CARLO (STUDI KASUS PADA GUDANG KDE K24 YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengendalian Persediaan Multi item dengan Permintaan Probabilistik dan Keterbatasan Anggaran Pembelian Obat Menggunakan Metode Simulasi Monte Carlo. Persediaan merupakan kekayaan perusahaan yang memiliki peranan penting dalam operasi bisnis, maka suatu perusahaan perlu untuk melakukan menajemen persediaan proaktif, artinya perusahaan harus mampu mengantisipasi keadaan maupun tantangan yang ada dalam manajemen persediaan untuk mencapai sasaran akhir dalam manajemen persediaan yaitu meminimasi total biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk pengendaliaan persediaan. Dalam hal ini perusahaan PT Apotek K24 Indonesia yang bergerak dalam bidang farmasi yang mempunyai gudang obat yaitu gudang KDE K24 Yogyakarta yang membeli,menyimpan dan mendistribusikan obat yang dibeli dari suplier obat ke outlet-outlet yang ada di yogyakarta.Disni Gudang mempnyai banyak item obat dan membatasi pembelian tiap item obat yang terbatas. Dengan pembatasan anggaran pembelian obat akan berakibat kurang maksimalnya jumlah permintaan obat dan tidak maksimalnya total biaya persediaan yang dikeluarkan yang dapat merugikan perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam penelitian ini akan dilakukan perhitungan total biaya persediaan tiap item obat dengan adanya keterbatasan anggaran belanja obat yang diterapkan oleh perusahaan sesuai data yang ada di gudang dan dilakukan dengan simulasi Monte Carlo untuk mendapatkan nilai yang lebih akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan biaya total yang diperlukan untuk masing-masing item yang optimal dengan adanya keterbatasan anggaran belanja obat dan untuk mengetahui hasil persediaan dengan simulas Monte Carlo. Dari pengolahan data yang telah dilakukan didapatkan nilai Untuk Fg Troches tab sebesar Rp 10.144.940,44,-, Amoxicilin tab Rp 5.952.565,83,-, Supertetra tab Rp 4.905.710,94,-, Amoxsan tab Rp 11.456.152-, Ciprofloxacin tab Rp 3.980.163,73,- . Untuk hasil simulasi diambil dari nilai obat Amoxsan tab yang mempunyai nilai yang besar selisihnya dengan nilai anggaran belanja yang ditetapkan perusahaan. Maka dengan simulasi monte carlo didapatkan nilai sebesar Rp 11.456.152,- untuk total biaya minimal per bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Arya Wirabhuana, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Persediaan, Multi Item, Probabilistik, Simulasi Monte Carlo
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Apr 2014 06:37
Last Modified: 21 Mar 2016 06:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12138

Actions (login required)

View Item View Item