IDENTIFIKASI KONSISTENSI PEMAHAMAN CALON GURU FISIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP KONSEP GAYA DENGAN MENGGUNAKAN REPRESENTATIONAL OF FORCE CONCEPT INVENTORY (RFCI)

HORIQ SOBARQAH, NIM. 06690004 (2013) IDENTIFIKASI KONSISTENSI PEMAHAMAN CALON GURU FISIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP KONSEP GAYA DENGAN MENGGUNAKAN REPRESENTATIONAL OF FORCE CONCEPT INVENTORY (RFCI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IDENTIFIKASI KONSISTENSI PEMAHAMAN CALON GURU FISIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP KONSEP GAYA DENGAN MENGGUNAKAN REPRESENTATIONAL OF FORCE CONCEPT INVENTORY (RFCI) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text ( IDENTIFIKASI KONSISTENSI PEMAHAMAN CALON GURU FISIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP KONSEP GAYA DENGAN MENGGUNAKAN REPRESENTATIONAL OF FORCE CONCEPT INVENTORY (RFCI) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat konsistensi pemahaman konsep pada materi gaya calon guru fisika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menggunakan RFCI. 2) mengetahui persentase mahasiswa yang mempunyai kemampuan pada representasi verbal, vektorial dan grafik pada materi gaya sebagai evaluasi konsep fisika calon guru fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 100 mahasiswa program studi pendidikan fisika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun akademik 2012/2013. Pemahaman konsep gaya pada penelitian ini ditunjukkan oleh hasil tes mahasiswa dengan menggunakan soal RFCI yang dibagi menjadi 2, yaitu konsistensi representasi dan konsistensi ilmiah, sedangkan persentase mahasiswa yang mempunyai kemampuan pada representasi verbal, vektorial dan grafik diperoleh dengan mengelompokkan kemampuan representasi setiap mahasiswa kemudian dicari persentase secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsistensi pemahaman “konsep gaya” calon guru fisika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menggunakan RFCI pada aspek representasi tergolong sedang yaitu 62%, sedangkan aspek ilmiah tergolong rendah yaitu 27%. Besar persentase mahasiswa pendidikan fisika UIN Sunan Kalijaga yang mempunyai kemampuan pada representasi verbal = 8 %, vektorial = 24% dan grafik = 28% , verbal dan vektor = 4%, verbal dan grafik= 2% , sedangkan yang memiliki kemampuan seimbang untuk ketiga representasi tersebut sebesar 17% pada materi gaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Widayanti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: konsistensi, konsep, gaya, RFCI.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 13:42
Last Modified: 04 Feb 2016 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12140

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum