ANALISIS FENOTIP DAN KANDUNGAN ANTOSIANIN TANAMAN ROSELLA MERAH (Hibiscus sabdariffa L.) PASCA IRRADIASI SINAR GAMMA

IKA WAHYU ATMARAZAQI, NIM. 08640023 (2013) ANALISIS FENOTIP DAN KANDUNGAN ANTOSIANIN TANAMAN ROSELLA MERAH (Hibiscus sabdariffa L.) PASCA IRRADIASI SINAR GAMMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FENOTIP DAN KANDUNGAN ANTOSIANIN TANAMAN ROSELLA MERAH (Hibiscus sabdariffa L.) PASCA IRRADIASI SINAR GAMMA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FENOTIP DAN KANDUNGAN ANTOSIANIN TANAMAN ROSELLA MERAH (Hibiscus sabdariffa L.) PASCA IRRADIASI SINAR GAMMA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rosella merah adalah rosella yang memiliki kelopak bunga berwarna merah dan kandungan antosianin tinggi. Pemuliaan tanaman secara intensif perlu dilakukan agar mendapatkan varietas unggul. Mutasi dengan radiasi sinar gamma merupakan metode untuk mengembangkan varietas mutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaman fenotip tanaman rosella merah dan kandungan antosianin pada kelopak bunga rosella merah (H.sabdariffa L.) pasca irradiasi sinar gamma. Kadar radiasi sinar gamma yang digunakan yakni antara 5Gy sampai 25Gy. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa analisis ragam pada taraf 5% menurut uji Duncan tidak ada beda nyata perlakuan yang diirradiasi sinar gamma pada dosis 5Gy, 15Gy dan 25Gy. Terdapat keragaman fenotip daun pada dosis 25Gy diawal pertumbuhan 2 MST yakni menghasilkan daun bercak berlubang dan berlubang melengkung. Analisis jumlah stomata, jumlah sel epidermis, klorofil rosella merah dan kandungan antosianin kelopak bunga berpengaruh nyata terhadap semua perlakuan irradiasi sinar gamma. Pada perlakuan dosis radiasi 25Gy ternyata memiliki kandungan antosianin kelopak bunga lebih tinggi dibandingkan perlakuan lainnya. Hal ini disebabkan radiasi sinar gamma yang acak (random) telah merusak sel pertumbuhan sehingga memberikan pengaruh terhadap senyawa metabolit sekunder tanaman rosella merah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ika Nugrahaeni AM, S.Si,.M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: irradiasi sinar gamma, keragaman fenotip, stomata, klorofil rosella merah, antosianin.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 13:47
Last Modified: 28 Dec 2016 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12142

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum