PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISMDAN ANALYTIC NETWORK PROCESS STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH JATINOM KLATEN

IWAN YULIANTO , NIM. 06660039 (2013) PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISMDAN ANALYTIC NETWORK PROCESS STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH JATINOM KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISMDAN ANALYTIC NETWORK PROCESS STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH JATINOM KLATEN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISMDAN ANALYTIC NETWORK PROCESS STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH JATINOM KLATEN )
BAB II, III, IV'.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengukuran kinerja sangat penting bagi perusahaan, dengan mengukur kinerja, perusahaan dapat melakukan analisis apakah perusahaan berjalan pada arah yang benar atau tidak dalam mencapai tujuan perusahaan, saat ini cara terbaik dalam mengukur kinerja adalah dengan mempertimbangkan seluruh stakeholder perusahaan dan mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan stakeholder tersebut, hal ini penting karena hanya dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan stakeholder tersebut perusahaan dapat menuntut kontribusi yang maksimal dari para stakeholder tersebut. Pengukuran kinerja dengan metode Performance Prism ini terdiri dari lima perspektif, yaitu stakeholder satisfaction (kepuasan stakeholder), stakeholder contribution (kontribusi stakeholder), strategy (strategi), process (proses), dan capability (kapabilitas). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh stakeholder yang ada di Rumah Sakit PKU Jatinom Klaten. Stakeholder yang di maksud yaitu konsumen, karyawan, pimpinan dan supplier obat. Penelitian ini menggunakan metode ANP (Analytic Network Process) dan dianalisa dengan bantuan metode OMAX (Objektif Matrix).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja Rumah Sakit PKU Jatinom terukur dari 36 KPI (Key Performance Indicator). meliputi 15 KPI pada perspektif Konsumen, 12 KPI pada perspektif Karyawan, 5 KPI pada perspektif Jajaran Supplier, 4 KPI pada perspektif Pimpinan. Dari perhitungan pengukuran kinerja dengan menggunakan Objective Matrix diperoleh nilai kinerja perusahaan sebesar 7,8566 yang berarti pencapaian kinerja Rumah sakit PKU Jatinom, Klaten menghasilkan kinerja yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Siti Husna Ainu Syukri, M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengukuran kinerja, Performance Prism, ANP, OMAX, KPI
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Apr 2014 06:54
Last Modified: 21 Mar 2016 06:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12145

Actions (login required)

View Item View Item