PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KERAJINAN KERAMIK UNTUK SISWA SMK KELAS XI JURUSAN KRIYA KERAMIK

KARINA PRAMITASARI, NIM. 09600020 (2013) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KERAJINAN KERAMIK UNTUK SISWA SMK KELAS XI JURUSAN KRIYA KERAMIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KERAJINAN KERAMIK UNTUK SISWA SMK KELAS XI JURUSAN KRIYA KERAMIK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KERAJINAN KERAMIK UNTUK SISWA SMK KELAS XI JURUSAN KRIYA KERAMIK)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis kerajinan keramik yang layak untuk memfasilitasi berpikir kreatif siswa SMK kelas XI Jurusan Kriya Keramik. (2) Mendeskripsikan modul pembelajaran matematika berbasis kerajinan keramik yang layak untuk memfasilitasi berpikir kreatif siswa SMK kelas XI Jurusan Kriya Keramik. Pendekatan dan jenis pengembangan penelitian ini menggunakan model prosedural, yaitu model pengembangan dengan menggunakan tahapan-tahapan untuk menghasilkan suatu produk. Ada tiga tahapan yang dilalui (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap studi pengembangan, (3) tahap evaluasi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI SMK jurusan kriya keramik. Instrumen penelitiannya menggunakan instrumen wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa skor rata-rata modul sebesar 42 dengan persentese keidealannya 93,33% sehingga dikategorikan baik. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa skor rata-rata modul sebesar 38 dengan persentese keidealannya 69,09% sehingga dikategorikan baik. Hasil dari instrumen penilaian dari ahli pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rata skor modul sebesar 38 dengan persentese keidealannya 76 % sehingga dikategorikan baik. Hasil analisis posstest menunjukkan bahwa nilai posttest dari 20 siswa, jumlah anak yang mencapai KKM yaitu ≥ 70 sebanyak 12 anak sehingga persentese ketuntasannya mencapai 60 % sehingga sesuai dengan kriteria keberhasilan yaitu ketuntasan siswa yang mencapai KKM lebih dari 50% dan dikategorikan tinggi. Selain itu, pengembangan modul mempunyai karakteristik modul yang berkaitan dengan kerajinan keramik. Selain mengandung karakteristik modul yang dikaitkan dengan kerajinan keramik, modul berbasis kerajinan keramik ini juga mengandung indikator-indikator kemampuan berpikir kreatif. Indikator-indikator tersebut dimunculkan ke dalam modul dalam bentuk pertanyaan kreatif dan teka-teki matematika. Hal ini dimaksud agar siswa semakin terpancing untuk dapat berpikir kreatif. Berpikir kreatif yang dimunculkan dengan mengambil dari unsur budaya lokal setempat yaitu kerajinan keramik dan difasilitasi melalui materi matematika program linear.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : modul pembelajaran, pembelajaran matematika, kerajinan keramik, berpikir kreatif, program linear
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 13:59
Last Modified: 25 Jan 2016 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum