PENGEMBANGAN MODUL FISIKA TERAPAN POKOK BAHASAN MEKANIKA FLUIDA UNTUK SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF KELAS XI SEMESTER GASAL

KURNIASIH, NIM. 09690032 (2013) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA TERAPAN POKOK BAHASAN MEKANIKA FLUIDA UNTUK SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF KELAS XI SEMESTER GASAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN MODUL FISIKA TERAPAN POKOK BAHASAN MEKANIKA FLUIDA UNTUK SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF KELAS XI SEMESTER GASAL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN MODUL FISIKA TERAPAN POKOK BAHASAN MEKANIKA FLUIDA UNTUK SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF KELAS XI SEMESTER GASAL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul fisika terapan untuk SMK program keahlian teknik otomotif kelas XI semester gasal, (2) mengetahui kualitas modul, dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul fisika terapan yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model prosedural. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan oleh Tim Puslitjaknov yang mengadaptasi pada penelitian pengembangan Borg dan Gall. Langkah pengembangan tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa lembar validasi modul, skala penilaian, dan skala respon peserta didik. Penilaian kualitas modul dan respon peserta didik menggunakan skala Likert 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Penelitian ini telah menghasilkan modul fisika terapan pokok bahasan mekanika fluida untuk SMK program keahlian teknik otomotif kelas XI semester gasal dengan kualitas sangat baik dan telah memenuhi elemen mutu modul (format, organisasi, daya tarik, ukuran huruf, spasi kosong, dan konsistensi) sekaligus karakteristik modul yang baik (self instruction, self contained, adaptif, dan user friendly). Peserta didik setuju terhadap modul yang telah dikembangkan. Hasil ini memberi harapan bahwa modul akan dapat membantu dalam proses pembelajaran fisika di SMK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: modul, fisika terapan, mekanika fluida , SMK teknik otomotif
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 14:05
Last Modified: 04 Feb 2016 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12151

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum