PERANCANGAN TATA LETAK PADA UNIT PENGECORAN LOGAM DENGAN SINKRONISASI LINTASAN KERJA UNTUK MEMINIMALISASI HAZARD DI ED ALLOYCASTING PRODUCTION C-MAXI

MUH’AMAT ARIFIN , NIM. 09660022 (2013) PERANCANGAN TATA LETAK PADA UNIT PENGECORAN LOGAM DENGAN SINKRONISASI LINTASAN KERJA UNTUK MEMINIMALISASI HAZARD DI ED ALLOYCASTING PRODUCTION C-MAXI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN TATA LETAK PADA UNIT PENGECORAN LOGAM DENGAN SINKRONISASI LINTASAN KERJA UNTUK MEMINIMALISASI HAZARD DI ED ALLOYCASTING PRODUCTION C-MAXI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN TATA LETAK PADA UNIT PENGECORAN LOGAM DENGAN SINKRONISASI LINTASAN KERJA UNTUK MEMINIMALISASI HAZARD DI ED ALLOYCASTING PRODUCTION C-MAXI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) merupakan hal yang sangat penting dalam pendirian suata badan usaha. K3 sudah diatur dalam Undang-Undang No.1 tahun 1970. K3 merupakan tanggungjawab bersama antara pemilik usaha, karyawan, dan pemerintah sebagai pengawas. Tata letak pada stasiun pengecoran logam di ED Alloycasting Production C-MAXI masih kurang rapi, karena masih ada 2 posisi cetakan yang berada di tengah area, dan hal tersebut mempersempit ruang gerak karyawan yang bertugas mengecor. Lintasan karyawan saat ini belum ada aturannya sehingga hal tersebut memicu terjadinya hazard, ditambah lagi dengan area stasiun pengecoran yang terbatas. Untuk itu perlu adanya pengaturan layout dan lintasan. Penelitian ini menggunakan analisis antropometri dan body ellipse. Hasil penelitian berupa dua usulan layout dan lintasan. Usulan pertama menggunakan grouping layout berdasarkan waktu siklus dan pembagian job. Layout kedua perbaikan posisi cetakan dan gerakan random. Pada layout terdapat 3 jenis warna yang mewakili zona tertentu dalam area kerja. Warna hijau menunjukan zona aman, warna kuning menunjuhan hatihati ketika dilalui, zona merah menunjukan zona sangat hati-hati karena potensi hazard tingi. Dengan adanya usulan layout mampu meminimalisir papasan antar karyawan yang dapat berpotensi tabrakan. Kemudian setelah dilakukan simulasi menggunakan Promodel hasil usulan layout berdasarkan clustering waktu siklus mampu mereduksi 20% kemungkinan tabrakan pada setiap titik rawan (persimpangan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Ira Setyaningsih, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kesehatan dan keselamatan kerja (K3), hazard, antropometri, body ellipse, lintasan, zona, simulasi, promodel.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Apr 2014 03:50
Last Modified: 21 Mar 2016 07:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12160

Actions (login required)

View Item View Item