PENGEMBANGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA YANG BERORIENTASI LIFE SKILL BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

MUHAMMAD LUQMAN KHAKIM , NIM. 06690032 (2013) PENGEMBANGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA YANG BERORIENTASI LIFE SKILL BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA YANG BERORIENTASI LIFE SKILL BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA YANG BERORIENTASI LIFE SKILL BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen authentic assessment pada pembelajaran fisika yang berorientasi life skill berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sehingga dihasilkan instrumen penilaian berdasarkan pengalaman empiris peserta didik di sekolah dengan mengetahui kualitas instrumen authentic assessment pada pembelajaran fisika yang berorientasi life skill berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah dikembangkan, dan melakukan uji responden kepada guru di sekolah agar dihasilkan perangkat penilaian sesuai dengan kebutuhan di sekolah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (four D model) yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Prosedur penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (develop). Proses pengembangan instrumen ini melalui validasi oleh dosen pembimbing dan tiga validator, dan dilakukan uji kualitas oleh tiga dosen ahli dan lima guru Fisika, serta uji responden kepada lima guru Fisika pada tiga SMA/MA di Yogyakarta. Instrumen penilaian terhadap produk berupa skala penilaian kualitas dan skala penilaian respon guru yang berisi kriteria tertentu. Hasil penelitian berupa data kualitatif yang kemudian dianalisis dengan pedoman kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas instrumen authentic assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam mengembangkan instrumen authentic assessment meliputi studi literatur, studi lapangan, menetapkan tujuan pengembangan, penyusunan langkah kerja, menentukan subjek uji coba, merencanakan instrumen penilaian yang digunakan, penyusunan produk awal, validasi produk oleh validator dan penilaian terhadap produk oleh reviewer. Instrumen authentic assessment yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 86,38% dan medapat kategori Sangat Setuju (SS) dari responden dengan persentase nilai respon sebesar 70,70% sehingga produk sudah layak diujicobakan pada responden. Kata Kunci: Authentic assessment, pembelajaran fisika, life skill dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Joko Purwanto M.Sc.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Apr 2014 11:54
Last Modified: 04 Feb 2016 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum