STRUKTUR DAN KOMPOSISI VEGETASI GUMUK PASIR DI DESA PARANGTRITIS KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

MUJIB RIDWAN , NIM. 06640039 (2013) STRUKTUR DAN KOMPOSISI VEGETASI GUMUK PASIR DI DESA PARANGTRITIS KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRUKTUR DAN KOMPOSISI VEGETASI GUMUK PASIR DI DESA PARANGTRITIS KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRUKTUR DAN KOMPOSISI VEGETASI GUMUK PASIR DI DESA PARANGTRITIS KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2013, di Gumuk pasir Parangtritis dengan tujuan mempelajari cacah spesies yang tumbuh, mempelajari indeks keanekaragaman vegetasi dan mempelajari hubungan parameter fisik dan kimia dengan struktur dan komposisi vegetasi pada tiap blok. Penelitian menggunakan metode kuadrat dengan menggunakan plot ukuran 10x10m untuk tingkat pohon, 5x5 m untuk semak dan herba, dan 1x1 m untuk rumput. Parameter vegetasi yang diukur meliputi densitas relatif, frekuensi relatif, dominansi relatif, nilai penting, indeks diversitas dan korelasi, sedangkan parameter fisik dan kimia yang diukur adalah intensitas cahaya, pH tanah, suhu tanah, kelembapan tanah, dan kecepatan angin. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pohon ditemukan 12 spesies dari 8 famili. Famili yang paling mendominasi adalah Fabaceae dengan jumlah 4 spesies, diikuti dengan Arecaceae dengan jumlah 2 spesies, sedangkan famili lainnya seperti Anacardiaceae, Caricaceae, Casuarinaceae dan Mimosaceae hanya 1 spesies. Tingkat semak dan herba ditemukan 50 spesies yang termasuk dalam 21 famili. Famili yang mendominasi adalah Euphorbiaceae yang terdiri dari 9 spesies, kemudian diikuti Asteraceae 7 spesies, Rubiaceae 6 spesies, Convolvulaceae 4 spesies, Amaranthaceae 3 spesies, Fabaceae, Lamiaceae, Pandanaceae, Verbenaceae masing-masing 2 spesies, sedangkan Famili yang lainnya seperti Acanthaceae, Aizoaceae, Apiaceae, Apocynaceae, Asclepiadaceae, Brassicaceae, Capparaceae, Labiatae, Leguminosae, Malvaceae, Oxalidaceae, Passifloraceae, dan Tiliaceae hanya 1 spesies saja. Tingkat rumput diperoleh 12 spesies, yang termasuk dalam 2 famili yaitu Poaceae dan Cyperaceae.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Maizer Said Nahdi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Vegetasi, nilai penting, indeks diversitas, parameter fisik dan kimia, spesies gumuk pasir Parangtritis.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Apr 2014 13:10
Last Modified: 14 Dec 2016 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum