PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INTEGRASI ISLAM DAN SAINS PADA MATERI POKOK KIMIA UNSUR KELAS XII SEMESTER GASAL

NOFITA WULAN SARI, NIM. 09670037 (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INTEGRASI ISLAM DAN SAINS PADA MATERI POKOK KIMIA UNSUR KELAS XII SEMESTER GASAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INTEGRASI ISLAM DAN SAINS PADA MATERI POKOK KIMIA UNSUR KELAS XII SEMESTER GASAL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INTEGRASI ISLAM DAN SAINS PADA MATERI POKOK KIMIA UNSUR KELAS XII SEMESTER GASAL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

Penelitian pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui ciri proses dan karakteristik, serta untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran kimia berbasis integrasi Islam dan sains berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA. Penelitian pengembangan yang dilakukan mengadopsi model 4-D. Model ini menggunakan empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (desain), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate) namun penyebarluasan tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Produk perangkat pembelajaran kimia ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli pembelajaran kimia, ahli evaluasi pembelajaran kimia, ahli integrasi Islam dan sains, serta tiga orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer yaitu 5 guru kimia SMA/MA yang berlatar belakang sekolah Islam. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list) yang berisi 9 aspek. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kimia yang dikembangkan menurut lima guru kimia SMA/MA di Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 93,33%. Kata Kunci: Perangkat pembelajaran kimia, integrasi Islam dan sains, kimia unsur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Apr 2014 13:29
Last Modified: 17 Mar 2016 17:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum