PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS ANALOGI KONSEP PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS UNTUK SISWA SMA/MA

NURDIANA , NIM. 08690041 (2013) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS ANALOGI KONSEP PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS UNTUK SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS ANALOGI KONSEP PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS UNTUK SISWA SMA/MA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS ANALOGI KONSEP PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS UNTUK SISWA SMA/MA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Modul Fisika Berbasis Analogi Konsep pada Materi Pokok Listrik Statis, (2) mengetahui kualitas modul fisika berbasis analogi konsep menurut penilaian dari ahli materi, ahli media dan guru fisika SMA/MA, (3) mengetahui respon siswa terhadap modul fisika berbasis analogi konsep. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov yakni melibatkan 5 langkah utama yaitu 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil, dan revisi produk, 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa angket penilaian kualitas modul yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk siswa berupa angket respon siswa yaitu menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini: (1) dihasilkan sebuah modul fisika berbasis analogi konsep untuk siswa SMA/MA; (2) kualitas modul fisika berbasis analogi konsep menurut ahli materi, ahli media, dan guru fisika memiliki kategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 85,16%; 91,96% dan 91,15%; (3) respon siswa terhadap modul fisika berbasis analogi konsep pada uji lapangan skala kecil diperoleh persentase 85,71% dari skor ideal, sedangkan pada uji lapangan skala besar diperoleh persentase 91,90% dari skor ideal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nita Handayani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Modul Fisika, analogi konsep, listrik statis.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 08:37
Last Modified: 04 Feb 2016 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum