EFEK PEMANFAATAN MODUL BERILUSTRASI GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN SAINS BIOLOGI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) WONOKROMO BANTUL

AHMAD JUNAEDI - NIM. 03450446, (2008) EFEK PEMANFAATAN MODUL BERILUSTRASI GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN SAINS BIOLOGI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemanfaatan media berupa modul berilustrasi gambar terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII semester I MTsN Wonokromo Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pretestpostest control group. Populasi penelitian semua siswa kelas VIII MTsN Wonokromo Bantul yang terdiri dari dua kelas dengan sampel diambil secara Cluster Sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII A (sebagai kelas kontrol) dan kelas VIII B (sebagai kelas eksperimen). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pretest-postest dan lembar angket motivasi belajar siswa terhadap penggunaan media modul berilustrasi gambar dalam pembelajaran Biologi. Analisis data untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan analisis data untuk soal tes (pretest dan postest) menggunakan uji t untuk dua sampel besar yang satu sama lain saling berhubungan. Hasil analisis motivasi siswa secara umum menunjukan 74.625% siswa kelompok eksperimen mempunyai motivasi belajar Biologi yang tergolong baik, sedangkan 52.625% siswa kelompok kontrol mempunyai motivasi belajar Biologi yang tergolong cukup. Sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil analisis uji prasyarat menunjukan data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil analisis uji t terhadap nilai pretest dan postest kelas eksperimen menunjukan ada perbedaan yang sangat signifikan, hal ini terlihat dari nilai thit -4.7 ttab 2.71 dengan p 0,01 (tanda minus diabaikan). Hasil uji t terhadap nilai pretest dan postest kelas kontrol menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan, hal ini terlihat dari nilai thit -11.46 ttab 2.72 (tanda minus diabaikan). Hasil uji t antara nilai postest kelompok eksperimen dan kontrol = 22.1 (p 0.01), sehingga memberikan kesimpulan bahwa penggunaan media modul berilustrasi gambar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: b Pembimbing : /b Drs. H. Suhardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul Berilustrasi Gambar, Motivasi, dan Prestasi Belajar.
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum