PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SEMESTER II DI SMA UII YOGYAKARTA

SANTI RATNA PALUPI , NIM. 09680020 (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SEMESTER II DI SMA UII YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SEMESTER II DI SMA UII YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTARA PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SEMESTER II DI SMA UII YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap motivasi belajar dan hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa kelas XI IPA SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperiment) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA UII Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Mann-Withney U Test untuk motivasi belajar dan Independent Samples t- Test untuk hasil belajar pada aspek kognitif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis, bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney U Test yang tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan nilai p sebesar 0,423> α (0,05). 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar biologi aspek kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian terhadap nilai posttest dengan uji Independent Samples t- Test diperoleh nilai p sebesar 0,019 < α (0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sulistiyawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problem Posing, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 10:27
Last Modified: 04 Mar 2016 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum