PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH PADA KOMPETENSI DASAR 1.4 KELAS XI IPA KTSP

SITI NAFSUL MUTHMAINNAH , NIM. 09600005 (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH PADA KOMPETENSI DASAR 1.4 KELAS XI IPA KTSP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH PADA KOMPETENSI DASAR 1.4 KELAS XI IPA KTSP)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH PADA KOMPETENSI DASAR 1.4 KELAS XI IPA KTSP)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar berbasis masalah yang dapat memfasilitasi pencapaian kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi (KBMTT) dan kecerdasan emosional (KE) siswa dan (2) menelaah kualitas bahan ajar berbasis masalah yang dapat memfasilitasi pencapaian KBMTT dan KE siswa menurut ahli. Selain itu, juga untuk (3) menelaah efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis masalah dalam proses pembelajaran yang dapat memfasilitasi pencapaian KBMTT dan KE siswa ditinjau dari kemampuan matematika umum (KMU) dan gender dan (4) mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan dan kegiatan pembelajaran yang digunakan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan memodifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang ditafsirkan oleh Sugiyono (2008) meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba produk. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar penilaian bahan ajar, tes KBMTT, skala sikap KE, lembar observasi kemampuan guru, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika inferensial yang meliputi ANOVA dua arah, ANOVA satu arah, Uji Tukey Kramer, dan uji t satu sisi. Pengujian dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel 2010. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa (1) pengembangan bahan ajar yang dapat memfasilitasi KBMTT dan KE siswa dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, pengembangan, dan uji coba produk; (2) kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian 3 orang ahli memperoleh skor rata-rata 228,67 dari skor maksimal 265; (3) pengujian efektivitas memperoleh hasil (a) KMU tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian KBMTT siswa; (b) tidak terdapat bias gender dalam pencapaian KBMTT siswa; (c) penggunaan bahan ajar berbasis masalah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian KE siswa; (d) tidak terdapat bias gender dalam pencapaian KE siswa; (e) hubungan pencapaian KBMTT dan KE memperoleh nilai r = 0,48 dari skor maksimal 1,00 artinya hubungan cukup kuat dan searah. Selain itu, (4) siswa merespon dengan baik terhadap bahan ajar dan pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bahan Ajar Berbasis Masalah, Kecerdasan Emosional, Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 10:43
Last Modified: 26 Jan 2016 15:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum