KORELASI ANTARA INTENSITAS MENDENGARKAN SIARAN CADAR-CANDA RIA DAKWAH RADIO AHBAABUL MUSTHOFA DI KRAKSAAN PROBOLINGGO DENGAN SIKAP KEBERAGAMAAN MASYARAKAT BRANI KULON MARON PROBOLINGGO

RISQIYAWATI, NIM. 10210015 (2014) KORELASI ANTARA INTENSITAS MENDENGARKAN SIARAN CADAR-CANDA RIA DAKWAH RADIO AHBAABUL MUSTHOFA DI KRAKSAAN PROBOLINGGO DENGAN SIKAP KEBERAGAMAAN MASYARAKAT BRANI KULON MARON PROBOLINGGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA INTENSITAS MENDENGARKAN SIARAN CADAR-CANDA RIA DAKWAH RADIO AHBAABUL MUSTHOFA DI KRAKSAAN PROBOLINGGO DENGAN SIKAP KEBERAGAMAAN MASYARAKAT BRANI KULON MARON PROBOLINGGO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA INTENSITAS MENDENGARKAN SIARAN CADAR-CANDA RIA DAKWAH RADIO AHBAABUL MUSTHOFA DI KRAKSAAN PROBOLINGGO DENGAN SIKAP KEBERAGAMAAN MASYARAKAT BRANI KULON MARON PROBOLINGGO)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)

Abstract

Pada zaman sekarang media elektronik menjadi sentral masyarakat yang sering digunakan, salah satunya radio, untuk mendengarkan radio bukan hanya dalam media elektonik radio sendiri, akan tetapi dengan media elektronik lainpun bisa. Jadi radio merupakan salah satu media siaran dakwah yang cukup diminati masyarakat. Berbagai macam materi dakwah yang disampaikan, radio juga menjadi salah satu sarana yang efektif dalam menyampaikan dakwah dari para da‟i terhadap mad‟u atau masyarakat. Program “Cadar-Canda Ria Dakwah” merupakan salah satu sumber pengetahuan untuk menambah pemahaman, pengetahuan keagamaan dan juga kebutuhan secara bathiniah dalam permasalahan keagamaan masyarakat. Maka dari itu yang menjadi probematika yaitu seberapa besar fungsi dari materi-materi program Cadar-Canda Ria Dakwah di radio Ahbaabul Musthofa yang dapat diserap masyarakat, sebab adanya kegiatan-kegiatan baru yang berhubungan dengan keberagamaan masyarakat sendiri, seperti pengajian rutin setiap malam jum‟at, arisan yang disertai dengan sholawatan, dan lain-lain. Dengan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang bagaimana hubungan intensitas mendengarkan siaran dengan sikap keberagamaan pendengar. Pendekatan atau metodologi yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif. Metode penelitiannya yaitu penelitian survey. Penelitian survey dengan menggunakan dua variabel yaitu variabel X intensitas mendengarkan siaran dan variabel Y sikap keberagamaan masyarakat. Dalam penelitian ini memakai total sampling sebanyak 85 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan uji cobanya menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk menentukan instrumen yang akan digunakan. Setelah uji normalitas ternyata sebaran datanya normal yang menunjukan 0,723, sebaran data tersebut norma karena lebih besar dari 0,05. Sehingga dilanjutkan dengan pengujian koefisien korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis data yang telah dilakuan dalam koefisien korelasi antara intensitas mendengarkan dengan sikap, menghasilkan nilai r hitung 0,597. Dalam artian hasil data tersebut lebih besar dari r tabel 0,213 dengan taraf signifikansi 5%. Jadi hipotesis kerja diterima, yaitu ada hubungan signifikan positif antara intensitas mendengarkan siaran Cadar-Canda Ria Dakwah radio Ahbaabul Musthofa di Kraksaan dengan sikap keberagamaan masyarakat RT 07 RW 02 desa Brani Kulon kecamatan Maron kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Musthofa S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keyword: Korelasi, Intensitas Mendengarkan, Sikap Keberagamaan
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 11:07
Last Modified: 19 Oct 2015 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum