UJI COBA ALAT DISTILASI DARI BARANG BEKAS DI MAN II YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X MATERI MINYAK BUMI KARYA YULI ANDRIANTO

SOFI PUTRI K , NIM. 09670007 (2013) UJI COBA ALAT DISTILASI DARI BARANG BEKAS DI MAN II YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X MATERI MINYAK BUMI KARYA YULI ANDRIANTO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UJI COBA ALAT DISTILASI DARI BARANG BEKAS DI MAN II YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X MATERI MINYAK BUMI KARYA YULI ANDRIANTO )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( UJI COBA ALAT DISTILASI DARI BARANG BEKAS DI MAN II YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X MATERI MINYAK BUMI KARYA YULI ANDRIANTO )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan lanjutan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat distilasi dari barang bekas yang telah dibuat oleh Yuli Andrianto sebagai media pembelajaran kimia di MAN II Yogyakarta kelas X materi minyak bumi. Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan tahap perancangan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian dengan kualitas Sangat Baik (SB). Sedangkan, pada penelitian ini akan dilaksanakan uji coba alat distilasi dari barang bekas dengan materi pokok minyak bumi di MAN II Yogyakarta kelas X. Penelitian ini adalah pengembangan lanjutan dari skripsi Yuli Andrianto dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji coba dilakukan setiap peserta didik dengan cara praktikum di laboratorium dengan menggunakan alat distilasi dari barang bekas. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XD, XE, dan XF. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket respon peserta didik, angket motivasi belajar peserta didik, soal pre-test dan post-test Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas alat distilasi dari barang bekas mendapatkan skor rata-rata 19,33 dengan kategori Sangat Baik (SB) yang berarti alat distilasi dari barang bekas ini layak untuk dijadikan media pembelajaran kimia materi pokok minyak bumi. Hasil belajar yang diperoleh dari uji coba, didapatkan gain skor ternomalisasi untuk efektifitas alat distilasi dari barang bekas sebagai media pembelajaran adalah sebesar 58,44% dengan kategori efektifitas “sedang” untuk kelas XD, 52,75% dengan kategori efektifitas “sedang” untuk kelas XE, 73,99% dengan kategori efektifitas “ tinggi” untuk kelas XF. Berdasarkan angket motivasi belajar peserta didik menggunakan alat distilasi dari barang bekas menunjukan peserta didik yang termotivasi untuk belajar setelah praktikum menggunakan alat distilasi dari barang bekas sebesar 76,51% dengan kategori “tinggi” dan peserta didik yang tidak termotivasi sebesar 23,49% dengan kateogori “rendah”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Irwan Nugraha S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: uji coba alat distilasi, alat distilasi dari barang bekas, media pembelajaran, pembelajaran kimia di SMA/MA
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 28 Apr 2014 13:34
Last Modified: 22 Feb 2016 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12218

Actions (login required)

View Item View Item