PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN IPA TERPADU TIPE SHARED BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 2

SULASTRI, NIM. 08690030 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN IPA TERPADU TIPE SHARED BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN IPA TERPADU TIPE SHARED BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 2)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN IPA TERPADU TIPE SHARED BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 2)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas cerpen IPA Terpadu tipe shared dan mengetahui respon siswa terhadap cerpen IPA Terpadu tipe shared yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov yakni melibatkan 5 langkah utama yaitu 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil, dan revisi produk, 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa angket kualitas cerpen yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk siswa berupa skala respon siswa yaitu menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Cerpen IPA Terpadu dinilai kualitasnya oleh 2 ahli materi, 2 ahli sastra indonesia, 2 ahli pendidikan karakter, 2 ahli media dan 4 guru IPA SMP/MTs. Kelayakan cerpen IPA Terpadu didasarkan pada respon siswa dari uji coba lapangan skala kecil 4 orang siswa dan uji coba lapangan skala besar sebanyak 30 siswa. Kualitas cerpen IPA Terpad berdasarkan penilaian dari ahli materi memiliki kategori Baik (B), ahli sastra indonesia memiliki kategori Sangat Baik (SB), ahli pendidikan karakter memiliki kategori Sangat Baik (SB), ahli sastra indonesia memiliki kategori Sangat Baik (SB), dan guru IPA SMP/MTs memiliki kategori Baik (B). Persentase keidealan menurut ahli materi adalah 77,27%, menurut ahli sastra indonesia adalah 88,46%, ahli pendidikan karakter 85,00%, ahli media adalah 89,06%, dan guru IPA SMP/MTs adalah 80,61%. Respon peserta didik terhadap cerpen IPA Terpadu pada uji coba lapangan skala kecil adalah 88,75%, sedangkan pada uji coba lapangan skala besar adalah 91,51%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerpen IPA Terpadu tipe shared berbasis pendidikan karakter layak dijadikan sebagai salah satu sumber belajar mandiri bagi siswa SMP/MTs kelas VIII semester 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pengembangan, Cerpen IPA Terpadu, Tipe Shared, Pendidikan Karakter, Sumber Belajar Mandiri
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 13:46
Last Modified: 05 Feb 2016 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum