PENGEMBANGAN PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DI SMP PROGRAM IMERSI KELAS VIII SEMESTER 2

TEDDY ROHMAN , NIM. 06690035 (2013) PENGEMBANGAN PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DI SMP PROGRAM IMERSI KELAS VIII SEMESTER 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DI SMP PROGRAM IMERSI KELAS VIII SEMESTER 2)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DI SMP PROGRAM IMERSI KELAS VIII SEMESTER 2)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan silabus dan RPP fisika berbasis aptitude treatment interaction (ATI) yang digunakan oleh guru fisika SMP Program Imersi; (2) mengimplementasikan nilai ATI kedalam silabus dan RPP fisika untuk SMP Program Imersi; (3) mengetahui kualitas silabus dan RPP fisika berbasis ATI berdasarkan penilaian guru fisika dan para ahli; (4) mengetahui respon siswa terhadap implementasi silabus dan RPP fisika berbasis ATI pada pembelajaran IPA fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model prosedural dengan langkah-langkah yang yang diadaptasi dari Borg & Gall. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket penilaian untuk ahli kurikulum, ahli materi, ahli pembelajaran, guru IPA fisika, dan angket respon untuk siswa. Subjek uji coba ini meliputi 2 guru IPA fisika dan 10 siswa pada uji coba lapangan skala kecil, serta 3 guru IPA fisika dan 30 siswa pada uji coba lapangan skala besar. Data kualitas produk yang diperoleh dari penilaian para ahli dan guru IPA fisika (reviewer) pada uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar dianalisis menggunakan analisis deskriptif, yaitu mengolah skor rata-rata aspek penilaian kualitas yang diperoleh dari nilai kuantitatif menjadi nilai kualitatif menggunakan kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian ini antara lain: (1) tersusunnya silabus dan RPP fisika berbasis ATI yang digunakan oleh guru fisika SMP Program Imersi; (2) nilai ATI dapat diimplementasikan kedalam silabus dan RPP untuk SMP Program Imersi dengan memasukan sintaks strategi ATI kedalam kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil belajar; (3) kualitas silabus dan RPP fisika berbasis ATI pada uji coba lapangan skala kecil adalah “baik” (B) dengan persentase keidealan sebesar 78,50 %. Sedangkan pada uji coba lapangan skala besar adalah “sangat baik” (SB) dengan persentase keidealan sebesar 83,00 %. Adapun berdasarkan penilaian ahli kurikulum, ahli materi, dan ahli pembelajaran masing-masing adalah “sangat baik” (SB), “baik” (B), dan “sangat baik” (SB) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 86,32 %, 73,85 %, dan 90,67 %; (4) respon siswa terhadap implementasi silabus dan RPP fisika berbasis ATI pada uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar adalah “setuju” (S) dengan persentase masing-masing sebesar 77,40 % dan 74,30 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : Silabus, RPP, aptitude treatment interaction, program imersi.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 13:51
Last Modified: 05 Feb 2016 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12222

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum