EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE “COOPERATIVE SCRIPT” DENGAN PENDEKATAN “PROBLEM POSING” TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN

ULI NUHA , NIM. 08600036 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE “COOPERATIVE SCRIPT” DENGAN PENDEKATAN “PROBLEM POSING” TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE “COOPERATIVE SCRIPT” DENGAN PENDEKATAN “PROBLEM POSING” TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE “COOPERATIVE SCRIPT” DENGAN PENDEKATAN “PROBLEM POSING” TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran matematika menggunakan metode Cooperative Script dengan pendekatan Problem Posing dibandingkan metode Cooperative Script dan model konvensional terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan di kelas X SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen disemester genap pada pokok bahasan trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Posttest-Only Control Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan posttest dan skala. Teknik analisis data skala dan data posttest menggunakan uji Anova yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Selanjutnya dilakukan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan uji Anova untuk motivasi belajar diperoleh nilai sig sebesar 0,001, hal ini menunjukkan ada perbedaan rata-rata pada motivasi siswa sehingga dilanjutkan dengan uji Tukey dan untuk hasil belajar siswa pada uji Anova diperoleh nilai sig sebesar 0,251, yang dapat diartikan bahwa untuk hasil belajar tidak signifikan. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pembelajaran matematika menggunakan metode Cooperative Script tidak lebih efektif (sama) dibandingkan metode pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai sig uji Tukey sebesar 0,842, (2) Pembelajaran matematika menggunakan metode Cooperative Script dengan pendekatan Problem Posing lebih efektif dibandingkan metode Cooperative Script terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai sig uji Tukey sebesar 0,009, (3) Pembelajaran matematika menggunakan metode Cooperative Script dengan pendekatan Problem Posing lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai sig uji Tukey sebesar 0,002, (4) Pembelajaran matematika menggunakan metode Cooperative Script tidak lebih efektif (sama) dibandingkan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, (5) Pembelajaran matematika menggunakan metode Cooperative Script dengan pendekatan Problem Posing tidak lebih efektif (sama) dibandingkan metode Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa, (6) Pembelajaran matematika menggunakan metode Cooperative Script dengan pendekatan Problem Posing tidak lebih efektif (sama) dibandingkan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Cooperative Script, Problem Posing, motivasi belajar, dan hasil belajar matematika.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 28 Apr 2014 07:00
Last Modified: 26 Jan 2016 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12224

Actions (login required)

View Item View Item