RELASI MOTIVASI SPIRITUAL DENGAN KEHIDUPAN EKONOMI PEZIARAH PANTAI PARANGKUSUMO (STUDI KASUS PANTAI PARANGKUSUMO BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

MUCHAMAD DANI ARIFIYANTO, NIM. 05540028 (2013) RELASI MOTIVASI SPIRITUAL DENGAN KEHIDUPAN EKONOMI PEZIARAH PANTAI PARANGKUSUMO (STUDI KASUS PANTAI PARANGKUSUMO BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (RELASI MOTIVASI SPIRITUAL DENGAN KEHIDUPAN EKONOMI PEZIARAH PANTAI PARANGKUSUMO (STUDI KASUS PANTAI PARANGKUSUMO BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RELASI MOTIVASI SPIRITUAL DENGAN KEHIDUPAN EKONOMI PEZIARAH PANTAI PARANGKUSUMO (STUDI KASUS PANTAI PARANGKUSUMO BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (870kB)

Abstract

Tradisi Ziarah merupakan budaya dalam masyarakat Jawa dilakukan ditempat-tempat yang dianggap keramat atau wingit. Demikian waktu yang dipilih pun tidak setiap hari tetapi ada hari-hari khusus misalnya setiap malam Jumat dan Selasa. Keyakinan tersebut sampai saat ini belum luntur. Ritual ziarah dan atau ngalap berkah telah menjadi menjadi sebuah kepercayaan yang turun temurun dilakukan oleh sebagian masyarakat Jawa. Tempat-tempat keramat atau wingit tersebut di kalangan masyarakat Jawa sangatlah popular dan disebut sebagai wisatai religi. Ziarah Parangkusumo yang dikenal masyarakat dengan nama Sungkem Cepuri, merupakan sebuah ritual yang dapat mempengaruhi keadaan seseorangdalam jangka waktu yang lama. Ritual Ziarah yang dilaksanakan oleh sebagaian masyarakat Jawa mempunyai pengaruh bahwa ketika kesulitan datang, mereka dapat mencari pertolongan di tempattempat keramat tersebut dengan melakukan samadi, nglakoni, berpuasa, berdoa bahkan mengorbankan sesuatu sebagai tumbal. Pelaksanaan ziarah di parangkusumo dengan berbagai macam cara dan pengorbanan, baik fisik maupun materi yang tidak sedikit. Ziarah dilakukan oleh banyak orang yang berasal dari latar belakang yang sedang susah, baik susah secara kebutuhan hidup maupun susah dalam berusaha, atau sedang terkena penyakit. Kepercayaan terhadap tempat keramat mampu memberikan pertolongan atau memenuhi kebutuhan, lebih berharga dari pada biaya yang dikeluarkan walaupun dalam jumlah yang banyak. Berangkat dari itulah penulis dengan menggunakan metode interview dan observasi ingin menggali lebih jauh tentang dasar masyarakat dalam melakukan ritual ziarah di Parangkusumo dan bagaimana hubungan atara motivasi spiritual dengan kehidupan ekonomi para peziarah pantai Parangkusumo. Temuan penulis di lapangan, bahwa para peziarah yang datang dan melakukan ritual sungkem Cepuri dan Labuhan pantai, mengeluarkan biaya yang cukup besar. Para peziarah kebanyakan berasal dari perekonomian menegah kebawah. Hal ini bila di kaji secara ekonomi para peziarah mendapatkan kerugian atas biaya yang dikeluarkan untuk melakukan ritual ziarah. Secara ekonomis, ritual yang dilakukan oleh peziarah adalah tidak mendapatkan apa-apa. Namun secara spiritual peziarah mempunyai keyakinan bahwa ziarah yang dilakukannya memberikan hasil dari kejadian kejadian dalam kehidupannya di tempat asalnya. Hubungan motivasi spiritual dengan kehidupan ekonomi peziarah pantai Parangkusumo terjadi karena ada pengaruh yang lebih dominan yaitu kebesaran pengaruh kekuasaan keraton kepada masyarakatnya. pengaruh yang diceritakan oleh orang atau kelompok ini mampu mempengaruhi pikiran dan tindakan seseorang sehingga menimbulkan motif pada seseorang untuk berziarah di pantai Parangkusumo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. Phil. Al Makin, MA.
Uncontrolled Keywords: motivasi spiritual, peziarah, parangkusumo
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 May 2014 13:26
Last Modified: 21 May 2015 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12225

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum