PERAN PONDOK PESANTREN ASRAMA PERGURUAN ISLAM (API) TEGALREJO DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT DAN PENCERDASAN UMAT DI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2007-2012

AKHMAD DARTONO, NIM. 09.223.1094 (2013) PERAN PONDOK PESANTREN ASRAMA PERGURUAN ISLAM (API) TEGALREJO DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT DAN PENCERDASAN UMAT DI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2007-2012. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN PONDOK PESANTREN ASRAMA PERGURUAN ISLAM (API) TEGALREJO DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT DAN PENCERDASAN UMAT DI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2007-2012)
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN PONDOK PESANTREN ASRAMA PERGURUAN ISLAM (API) TEGALREJO DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT DAN PENCERDASAN UMAT DI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2007-2012)
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (189kB)

Abstract

Pendidikan selama ini sebagian belum mampu mencetak generasi yang bermartabat. Pemandangan yang kita saksikan, masih banyak perilaku orang Islam yang belum mampu mengamalkan ajaran Islam. Pengamalan Islam masih sebatas simbolis, belum menyentuh esensi sesungguhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berdasarkan penelitian bagaimana profil Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, dan mengapa Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo dengan nilai fundamental pondok pesantren dapat dijadikan alternatif bagi lembaga pendidikanyang mengembangkan pendidikan masyarakat dan pencerdasan umat. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan, yaitu penelitian tentang peran Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Dalam Pendidikan Masyarakat dan Pencerdasan Umat, adapun pendekatan yang dipilih adalah pendekatan kasustik-fenomenologik dan digunakan caraberfikir untuk menarik kesimpulan adalah cara berfikir Induktif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber lisan dan sumber tertulis.Yaitu dengan menggunakan observasi dan pelaksanaan wawancara dengan beberapa tokoh formal maupun non formal, Dari beberapa informan dapat diperoleh keterangan-keterangan yang benar dan objektif ,dengan teknik pengumpulan data a). Observasi partisipasi, yaitu pengamatan langsung pada obyek penelitian tanpa intervensi eksistensinya dan terjadi interaksi antar peneliti dan informan, b).Wawancara terpimpin, wawancara bebas, dan wawancara bebas terpimpin, langkah ini dilakukan untuk memperoleh jawaban yang tidak dibatasi dari informan, c).Dokumentasi, dan data-data yang terkumpul melalui wawancara, observasi maupun dokumentasi kemudian penulis simpulkan melalui cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang sempat peneliti laksanakan di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam, peneliti mencoba menarik kesimpulan tentang Peran Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Dalam Pendidikan Masyarakat dan Pencerdasan Umat diantaranya adalah : 1). Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam sampai kapanpun akan tetap berusaha mempertahankan system salafi atau tradisional. 2). Pandangan santri terhadap Kyai di dalam pondok pesantren Asrama Perguruan Islam (API) yaitu bahwa apa yang diajarkan Kyai atau ustadz pasti mengandung kebenaran, tidak pernah mengajarkan kejelekan atau kesesatan. Dari pandangan inilah kemudian menimbulkan ketaatan dan keta’dziman sehingga peran kyai (pondok pesantren) dalam pendidikan masyarakat dan pencerdasan umat sangat nyata, 3).Peran santri terhadap masyarakat lokal dalam hal ini masyarakat di sekitar pondok Asrama Perguruan Islam kurang.Dalam arti, santri tiap hari waktunya banyak digunakan untuk menuntut ilmu, karena santri diperbolehkan keluar dari pondok hanya pada hari Jum’at sore saja, akibatnya tidak begitu kenal dan kurang terlibat dalam kehidupan masyarakat lokal. Dari pandangan lain, masyarakat lokal juga kurang terlibat dalam urusan pondok pesantren. Maka kenyataan ini membuat peneliti ingin tahu, mengapa begitu?. Jawabannya cukup sederhana.Tujuan antri bukan untuk bergaul dengan tetangga-tetangga pondok, tetapi untuk belajar dan memperdalam ilmu ajaran Islam. Di tengah hiruk pikuknya demokrasi dalam segala bidang, Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo mampu mendidik masyarakat dan memberikan pencerahan, sehingga banyak mendorong masyarakat berpikir lebih cerdas dalam menghadapi persoalan dan mampu mempengaruhi sikap hidup saling hormat menghormati dalam segala bentuk demokrasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: Dr. H. Ahmad Janan Asifudin, MA.
Uncontrolled Keywords: Pondok pesantren, Asrama Perguruan Islam, API
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Apr 2014 07:49
Last Modified: 24 Apr 2015 16:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12233

Actions (login required)

View Item View Item