APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen)

ALI IQBAL, S.PD.I., NIM. 10.224.1231 (2013) APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen))
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pengajaran bahasa Arab di Indonesia sampai saat ini belum mampu menunjukkan keberhasilan yang dapat dibanggakan. Bahkan bahasa Arab cenderung menjadi momok bagi banyak siswa di Indonesia. Kenyataan seperti ini membawa kesan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang sulit dan rumit apalagi ketika sampai pada mempelajari bahasa Arab pada keterampilan menulis dan menterjemah karena harus mengetahui bermacam-macam hal berkaitan dengan keterampilan di atas, makanya bahasa Arab lebih sulit untuk dipelajari dibandingkan dengan bahasa Asing lainnya, meskipun pada dasarnya bahasa Arab tidak sesulit yang bayangkan khususnya bagi orang Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Untuk menguasai keterampilan menulis dan menterjemah di atas salah satunya adalah siswa harus menguasai perbendaharaan MUFRADAH atau kosa-kata yang cukup. Dari sini penulis menawarkan salah satu strategi hafalan terbimbing terhadap kosa-kata atau kalimat yang banyak itu dengan strategi hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah (kalimat) terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menterjemah siswa kelas XI-B Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari Petanahan Kebumen, mengingat apa yang diungkapkan H.G Tarigan yakni bahwa kualitas berbahasa seseorang jelas tergantung pada kualitas dan kuantitas kosa-kata yang dimiliki, semakin banyak kosa-kata yang dimiliki, maka semakin besar juga kemungkinan untuk terampil berbahas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan menggunakan pendektan kuantitatif, sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan test, angket dan dikuatkan dengan instrumen lain seperti dokumentasi dan pedoman wawancara. Analisis datanya menggunakan uji T test dan dikuatkan dengan uji Independen Samples T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa merasa antusias dengan aplikasi strategi hafalan terbimbing yang digunakan oleh peneliti, terbukti 86,8 siswa menjawab senang dalam angket yang sudah diajukan oleh peneliti kepada siswa kelas XIB. Dan kemudian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil penerapan kedua startegi yang berbeda, strategi hafalan terbimbing terhadap kosa-kata dan kalimatlah yang lebih efektif daripada yang tidak menggunakan strategi hafalan terbimbing. Pada Uji T test, rata-rata hasil dari penerapan strategi hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah terbimbing yaitu 85,52 sedang pengajaran bahasa Arab yang tidak menggunakan strategi hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah terbimbing rata-rata 31,65. Dan pada uji Independen Samples T test, terlihat rata-rata angka kenaikan nilai dari penerapan strategi hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah terbimbing 49.00, sedang pengajaran bahasa Arab yang tidak menggunakan strategi hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah terbimbing rata-rata kenaikan nilai sebesar 28.28. Keywords: Strategi Hafalan MUFRADAH dan Jumlah Mufidah Terbimbing

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Hafalan MUFRADAH dan Jumlah Mufidah Terbimbing
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Apr 2014 02:25
Last Modified: 24 Apr 2015 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12237

Actions (login required)

View Item View Item