EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII

NENTY ARIYANI , NIM. 09600034 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah pembelajaran matematika menggunakan model NHT dengan teknik Kancing Gemerincing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model konvensional terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika; 2) apakah pembelajaran matematika menggunakan model NHT dengan teknik Kancing Gemerincing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model konvensional terhadap peningkatan dan keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan model NHT dengan Teknik Kancing Gemerincing, dan variabel terikat berupa pemahaman konsep matematika dan keaktifan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kotamungkid Tahun Ajaran 2012/2013 berjumlah 184 siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII B dan VIII F. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretestposttest dan lembar angket keaktifan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah deskriptif statistik menggunakan uji T Dua Sampel Independen dan uji Mann-Whitney dengan bantuan SPSS, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji mormalitas dan homogenitas variansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan menggunakan model NHT dengan teknik Kancing Gemerincing tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model konvensional terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika; 2) pembelajaran matematika dengan menggunakan model NHT dengan teknik Kancing Gemerincing tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model konvensional terhadap peningkatan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Efektivitas, Numbered Heads Together (NHT), Teknik Kancing Gemerincing, Pemahaman Konsep, Keaktifan.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Apr 2014 09:20
Last Modified: 26 Jan 2016 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12250

Actions (login required)

View Item View Item