EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS VII MTs NEGERI SUMBERAGUNG POKOK BAHASAN SEGI EMPAT

DUROTUN NASIKHAH, NIM. 09600033 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS VII MTs NEGERI SUMBERAGUNG POKOK BAHASAN SEGI EMPAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS VII MTs NEGERI SUMBERAGUNG POKOK BAHASAN SEGI EMPAT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS VII MTs NEGERI SUMBERAGUNG POKOK BAHASAN SEGI EMPAT)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

14 8 13 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pendekatan realistik berbasis keislaman dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap karakterdemokratis siswa. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah karakter demokratis, khususnya dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan trapesium dan layang-layang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain penelitian pre-test post-test control group design dimana populasi penelitiannya adalah siswa kelas VII MTs Negeri Sumberagung tahun ajaran 2012/2013. Dari populasi di sekolah yang diteliti diambil sampel 2 kelas homogen, yaitu satu kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Dalam menentukan sampel kelasnya diambil secara acak.instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi karakter demokratis, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-T dua sisi. Pengujian ini dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji-T hasil post-angket memiliki nilai signifikan 0,183 yang berarti rata-rata skor post-angket kelas eksperimen lebih kecil atau sama dengan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran reflektif dengan pendekatan realistik berbasis keislaman tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang menerapkan model konvensional terhadap karakter demokratis siswa kelas VII MTs Negeri Sumberagung tahun ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: karakter demokratis, model pembelajaran reflektif, pendekatan realistik,
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 May 2014 06:27
Last Modified: 25 Jan 2016 04:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12255

Actions (login required)

View Item View Item