PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK-ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

EDI SUSANTO, NIM: 1120410080 (2013) PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK-ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK-ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK-ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Edi Susanto, Pendidikan Karakter bagi Anak Tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pembinaan pendidikan karakter pada tunagrahita, mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang berhasil diterapkan bagi anak-anak tunagrahita, dan mengetahui problem yang dihadapi SLB Negeri Pembina Yogyakarta dalam penerapan pendidikan karakter bagi anak-anak tunagrahita. Penelitian ini termasuk termasuk dalam penelitian kualitatif, dengan pendekatan yang digunakan berupa pendekatan psikologi. Dan teknik dalam pengumpulan data berupa hasil wawancara, observasi atau catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, implementasi nilai-nilai karakter pada anak tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta tidak cukup hanya dengan pendekatan pembiasaan, keteladanan, atau mengintegrasikannya dalam program sekolah, tetpai juga dilengkapi dengan pendekatan dan layanan khusus. Layanan khusus tersebut berupa keseluruhan anak, kenyataan, kesempatan yang sama, program yang dinamis, dan kerja sama. Sedangkan pendekatan khusus yang digunakan dalam membangun karakter pada anak tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta berupa kasih sayang, layanan individual, pemberian motivasi, kerja kelompok, pengulangan dan penguatan. Sehingga pelaksanaan pendidikan karakter bagi anak tunagrahita dapat berjalan efekif dan dapat diimplementasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya nilai-nilai karakter dibangun di SLB Negeri Pembina Yogyakarta lebih mengutamakan skala prioritas seperti yaitu nilai karakter yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, nilai karakter yang berhubungan dengan diri sendiri, nilai karakter yang berhubungan dengan orang lain, dan nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan. Sedangkan faktor pendukung, model pendidikan yang terintegrasi, komunikasi yang baik antara sekolah dan wali murid, sifat mudah meniru pada anak tunagrahita, pendekatan kasih sayang dan layanan individual, kondisi lingkungan yang kondosif dan nyaman, lingkungan belajar yang positif, fasilitas yang mendukung. Dan faktor penghambat, kemampuan pengetahuan dan pemahaman anak yang terbatas sehingga perlu pengulangan dan penguatan, kurangnya motivasi belajar pada anak, kemampuan kosentrasi anak yang minim kemampuan berkomunikasi yang terbatas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: RO'FAH, BSW, MA., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, tunagrahita
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Apr 2014 11:09
Last Modified: 24 Apr 2015 16:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12256

Actions (login required)

View Item View Item