PEMBERDAYAAN TERHADAP KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA MELALUI REHABILITASI SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT “BARITON” DI DESA ARGODADI KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

KHOTIBUL UMAM, NIM: 1120010007 (2013) PEMBERDAYAAN TERHADAP KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA MELALUI REHABILITASI SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT “BARITON” DI DESA ARGODADI KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN TERHADAP KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA MELALUI REHABILITASI SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT “BARITON” DI DESA ARGODADI KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN TERHADAP KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA MELALUI REHABILITASI SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT “BARITON” DI DESA ARGODADI KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (911kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pemberdayaan terhadap korban penyalahgunaan NAPZA melalui Rehabilitasi sosial Berbasis Masyarakat (RBM) “Bariton” di Desa Argodadi Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Selain itu penelitian ini juga mendeskripsikan dampak pemberdayaan terhadap Korban penyalahgunaan NAPZA melalui Rehabilitasi sosial Berbasis Masyarakat (RBM) “Bariton” di Desa Argodadi Kecamatan Sedayu kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah pengurus Bariton, anggota Bariton, masyarakat Argodadi dan instansi pemerintah, dengan menggunakan teknik purposive sample. Metode analisis yang digunakan adalah dengan teknik deskriptif, yaitu mendeskripsikan upaya pemberdayaan dan dampak pemberdayaan terhadap korban penyalahgunaan NAPZA melalui RBM “Bariton” di Desa Argodadi Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya pemberdayaan yang dilakukan Bariton dengan melalui sebuah program dengan dua tahap; pra pelaksanaan dan pelaksanaan program. Tahap pra pelaksanaan Bariton melakukan tindakan; perencanaan, pengorganisasi, pengarahan, sosialisasi. Tahap pelaksanaan program Bariton melakukan tindakan; sosialisasi bahaya NAPZA, penguatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan, pendampingan korban penyalahgunaan NAPZA dan pembinaan lanjutan. (2) Dampak pemberdayaan terhadap korban penyalahgunaan NAPZA dan masyarakat sekitar yakni; terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman karena semakin berkurangnya tindakan penyalahgunaan NAPZA yang terlihat di Argodadi, meningkatnya pengetahuan tentang NAPZA, bertambahnya penghasilan secara ekonomi, adanya jaminan kesehatan murah yang diperoleh. Untuk meningkatkan layanan sebagai bentuk pemberdayaan ini disarankan beberapa pembenahan yakni; peningkatan sumber daya manusia, lebih memaksimalkan peranan pengurus, transparansi, meminimalisir persepsi negatif masyarakat. Hal tersebut diperlukan karena dalam analisis penulis pelaksanaan program Bariton terkesan hanya sebagai objek dari para funding selain itu banyak pandangan masyarakat dalam pemberdayaan terhadap korban penyalahgunaan NAPZA ada unsur politik dengan dimasuki salah satu partai tertentu. Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Korban penyalahguna NAPZA,Rehabilitasi sosial Berbasis Masyarakat,

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: Dr. NURUL HAK, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Korban penyalahguna NAPZA,Rehabilitasi sosial Berbasis Masyarakat,
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 May 2014 06:27
Last Modified: 02 Apr 2015 03:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12259

Actions (login required)

View Item View Item