PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA UNTUK MEMFASILITASI SISWA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

UHTI , NIM. 08600100 (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA UNTUK MEMFASILITASI SISWA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA UNTUK MEMFASILITASI SISWA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA UNTUK MEMFASILITASI SISWA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Kontekstual untuk memfasilitasi pengembangan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis yang layak dipakai dalam proses pembelajaran matematika dan untuk mengetahui kualitas Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Kontekstual berdasarkan penilaian ahli, ketercapaian kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah, serta respon siswa. Prosedur pengembangan mengadaptasi dari model dan pengembangan (Research and Development, R&D) yang meliputi tahap pendahuluan, pengembangan, dan uji coba. Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual dikembangkan dengan memuat tujuh prinsip pembelajaran berbasis kontekstual yaitu konstruktivisme, penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Produk ini telah beberapa kali direvisi berdasarkan saran dan masukan dari dosen pembimbing, validator, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Kualitas Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Kontekstual berdasarkan penilaian ahli tergolong dalam kategori baik dengan persentase keidealan 79,78%. Respon siswa terhadap bahan ajar tergolong dalam kategori sangat positif dengan skor 42,65 dari skor maksimal 45. Setelah menggunakan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Kontekstual kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa bisa terfasilitasi terbukti dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi adalah 77,02 dan kemampuan pemecahan masalah adalah 81,94 lebih besar dari nilai rata-rata yang diharapkan oleh guru, yaitu 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sugiman, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bahan ajar, pendekatan kontekstual, kemampuan komunikasi matematis, pemecahan masalah matematis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 30 Apr 2014 01:40
Last Modified: 26 Jan 2016 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12262

Actions (login required)

View Item View Item