POLA ASUH IBU TERHADAP APLIKASI PENDIDIKAN SEKS ISLAMI PADA ANAK DI KAMPUNG PANDEYAN KELURAHAN PANDEYAN KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

NANA LUBNA, NIM. 99222859 (2003) POLA ASUH IBU TERHADAP APLIKASI PENDIDIKAN SEKS ISLAMI PADA ANAK DI KAMPUNG PANDEYAN KELURAHAN PANDEYAN KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH IBU TERHADAP APLIKASI PENDIDIKAN SEKS ISLAMI PADA ANAK DI KAMPUNG PANDEYAN KELURAHAN PANDEYAN KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA,)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH IBU TERHADAP APLIKASI PENDIDIKAN SEKS ISLAMI PADA ANAK DI KAMPUNG PANDEYAN KELURAHAN PANDEYAN KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam konteks kehidupan anak anak di Kelurahan Pandeyan khususnya di kampong Pandeyan, sikap dan perilaku mereka tidak terlepas dari kondisi yang melingkupinya, baik dalam keluarga maupun masyarakat sekitarnya. Akan tetapi keluarga lebih dominan dalam mendidik anak anaknya. Namun kenyataan yang didapat banyak orang tua yang tidak memperhatikan hal itu, padahal orang tua mempunyai tanggung jawab besar dalam mendidik anak, orang tua harus menjadi teladan bagi anak anaknya, minimal untuk mengantisipasi agar anak tidak terjerumus ke lembah nista. Secara umum orang tua tidaklah memperhatikan tentang pendidikan seks, sehingga anak melakukan perbuatan yang tidak baik, orang tua hanya bisa menyalahkan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan populasi nya ibu-ibu yang tinggal di kampung Pandeyan berjumlah kurang lebih 160 orang, dengan teknik sampel porpasive random sampling. Metode untuk pengumpulan data menggunakan metode angket, metode dokumentasi dan metode interview/wawancara. Untuk analisa data digunakan teknik analisis diskriptif kuantitatif dengan kerangka berfikir induktif. Pola asuh orang tua yang otoriter dalam menerapkan metode pendidikan seks Islami pada anak cenderung dengan kekerasan tanpa adanya dialogis yang harmonis dimana ibu lebih mendominasi dalam memberikan penjelasan metode pendidikan seks sehingga tidak ada keterbukaan antara anak dan orang tua mengenai masalah seksual yang dihadapi oleh anak. Pola asuh orang tua yang demokratis dalam menerapkan metode pendidikan seks Islami pada anak didasarkan pada musyawarah dan adanya kerjasama antara anak dan ibu. Dan ibu memberikan kebebasan pada anak untuk bertanya mengenai masalah seks yang dihadapai oleh anak. Kata kunci: pola asuh, ibu, pendidikan seks Islami

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mokh Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pola asuh, ibu, pendidikan seks Islami
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Apr 2014 09:11
Last Modified: 23 Oct 2015 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum