STUDI TENTANG METODE PEMBINAAN KEAGAMAAN PADA ANAK-ANAK DHU’AFA DI PANTI PUTRI ARIMBI YAYASAN GHIFARI YOGYAKARTA

SITI MARDIYAH, NIM. 96222112 (2003) STUDI TENTANG METODE PEMBINAAN KEAGAMAAN PADA ANAK-ANAK DHU’AFA DI PANTI PUTRI ARIMBI YAYASAN GHIFARI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG METODE PEMBINAAN KEAGAMAAN PADA ANAK-ANAK DHU’AFA DI PANTI PUTRI ARIMBI YAYASAN GHIFARI YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG METODE PEMBINAAN KEAGAMAAN PADA ANAK-ANAK DHU’AFA DI PANTI PUTRI ARIMBI YAYASAN GHIFARI YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bahwa kondisi anak-anak jalanan termasuk dalam kategori anak-anak dhu’afa. Dari segi ikatan moral, mereka sangat longgar. Demikian juga segi akidahnya (lemah), sehingga pembinaan mereka perlu dilakukan secara lebih intensif dengan metode pendekatan yang sistematis untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi. Panti Putri Arimbi Yayasan Ghifari merupakan panti yang menangani atau mengasuh mantan anak jalanan puti dengan system terbuka, yaitu anak-anak asuh tidak hanya dididik di dalam gedung panti oleh pengurus dan Pembina panti, tapi masyarakat dan penduduk sekitar dilibatkan dalam pendidikan dan pembinaan anak-anak panti. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan populasinya pengurus dan pimpinan Yayasan Panti Putri Arimbi. Metode untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk analisa data digunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif. Panti putrid Arimbi menggunakan pemenuhan kebutuhan dasar dan beasiswa sebagai metode pendekatan dalam pembinaan keagamaan pada anak anak dhu’afa. Secara teknik, pembinaan keagamaan terhadap anak-anak dhu’afa di Panti Putri Arimbi, yaitu dengan mengajak mereka jamaah salat fardhu di musola maupun di Panti, dengan memantau semua persiapan, pelaksanaan, maupun follow up nya secara personal. Kata kunci: pembinaan keagamaan, dhu’afa, Panti Putri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nurjannah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pembinaan keagamaan, dhu’afa, Panti Putri
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 May 2014 07:40
Last Modified: 26 Oct 2015 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12273

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum