PENGARUH SINETRON TERHADAP POLA PIKIR, SIKAP, DAN GAYA HIDUP REMAJA DESA KLOTOK KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN

SUHARTOYO, NIM. 00210262 (2003) PENGARUH SINETRON TERHADAP POLA PIKIR, SIKAP, DAN GAYA HIDUP REMAJA DESA KLOTOK KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SINETRON TERHADAP POLA PIKIR, SIKAP, DAN GAYA HIDUP REMAJA DESA KLOTOK KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SINETRON TERHADAP POLA PIKIR, SIKAP, DAN GAYA HIDUP REMAJA DESA KLOTOK KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Lahirnya remaja instan merupakan harga mahal yang harus dibayar akibat berkiblat pada budaya Barat. Kreativitas para produser acara TV untuk menyajikan acara yang berkualitas ambruk dihantam kuatnya motivasi rating dan kue iklan yang diperebutkan. Semakin tinggi rating diperoleh, semakin banyak penontonnya, maka semakin tinggi pemasukan iklannya. Kondisi ini menguntungkan stasiun televisi, rumah produksi maupun pengiklan, inilah gambaran nyata dari kapitalisme, tidak ada yang lebih berharga selain materi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan populasinya remaja desa Klotok yang berusia 13-21 tahun dan menonton sinetron di RCTI antara pukul 18.00-21.00 WIB. Dalam pengambilan sample dengan teknik random sampling cluster. Metode untuk pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan angket. Untuk analisa data digunakan metode analisa statistic dan analisa kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pengadaan jam belajar ternyata menaikkan tingkat menonton sinetron remaja sebesar 10% sedangkan semakin tinggi control orang tua menurunkan tingkat menonton sinetron remaja sebesar 15,9%. Artinya pengadaan jam belajar kurang berfungsi, itu disebabkan oleh kurangnya control orang tua pada jam belajar yang sudah ditetapkan sehingga remaja cenderung lebih memilih menonton sinetron remaja dari pada belajar. Kata kunci: sinetron, pola pikir, gaya hidup, sikap, remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. H. Akhmad Rifa'i, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: sinetron, pola pikir, gaya hidup, sikap, remaja.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 May 2014 07:40
Last Modified: 15 Oct 2015 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum