SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

ROHIM, NIM. 95473132 (2003) SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA.)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ketimpangan kebijakan serta ketidakseimbangan antara pendidikan agama dan pendidikan umum menambah rumitnya persoalan yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia. Madrasah yang selama ini dikonotasikan sebagai lembaga pendidikan Islam ternyata belum maksimal menjawab tantangan masa depan karena lemah dalam Ipteknya, sedangkan pendidikan umum cenderung melalaikan pendidikan agama. Terjadinya polarisasi antara pendidikan agama dan umum akan berdampak serius bagi berhasil tidaknya tujuan pendidikan nasional. Membaca kondisi ini, para pemikir pendidikan berupaya mencari alternative beberapa model pendidikan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, sehingga muncullah istilah-istilah dalam system pendidikan, seperti program khusus, plus, unggulan, terpadu, model, dan lain-lain. Setiap model tentu memiliki keunikan dan kekhasan sesuai dengan namanya baik menyangkut tujuan, kurikulum, metode maupun evaluasinya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan system pendidikan Islam di SDIT Luqman al Hakim Yogyakarta, serta untuk mengetahui dasar pemikiran mengenai relevansi system pendidikan yang ditawarkannya dengan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan subyek penelitian Kepala Sekolah SDIT Luqman al Hakim, Personalia TU, para guru, serta pengurus yayasan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan secara kualitatif menggunakan metode deskriptif analitik. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa sistem pendidikan Islam yang diterapkan di SDIT Luqman al Hakim Yogyakarta adalah dengan memadukan dua disiplin ilmu yaitu ilmu agama dan pengetahuan umum. Implementasi dari keterpaduan itu terlihat melalui komponen-komponen system antara lain: a. Tujuan pendidikan Islam, menekankan aspek aqidah dengan tujuan menjadikan keluaran memiliki kemampuan dasar dalam kognisi, afeksi maupun psikomotornya terhadap ilmu agama dan pengetahuan umum. b. Kurikulim pendidikan Islam didesain sedemikian rupa dengan memadukan kurikulum SD dan MI. untuk mendukung muatan kurikulum tersebut maka ditawarkan sistem full day school. c. Metode pendidikan Islam telah diupayakan dengan memberikan nuansa Islamy dalam setiap mata pelajarannya. d. Evaluasi pendidikan Islam, meliputi evaluasi kognisi, afeksi (dengan keterlibatan orang tua) maupun psikomotor. Kata kunci: sistem pendidikan Islam, sekolah terpadu, SDIT Luqman al Hakim Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: sistem pendidikan Islam, sekolah terpadu, SDIT Luqman al Hakim Yogyakarta
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 May 2014 07:40
Last Modified: 10 Mar 2017 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum