PENGELOLAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

YANTO, NIM. 1120010018 (2013) PENGELOLAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (821kB)

Abstract

Latar belakang penelitian tentang Pengelolaan Institutional Repository (disingkat IR) Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah menyangkut isu penting dalam penerapan teknologi di perpustakaan yang membawa perubahan sangat signifikan mulai dari sistem pelayanan perpustakaan berbasis komputerisasi (automasi perpustakaan), hingga perubahan penyimpanan bentuk koleksi dari tercetak ke digital. Sedangkan kegiatan yang menghimpun dan melestarikan koleksi digital yang merupakan hasil karya intelektual dari sebuah komunitas disebut dengan IR. Penelitian ini mengambil kasus pada Pengelolaan IR di Perputakaan UIN Sunan Kalijaga yang ditinjau dari beberapa aspek yaitu kesiapan infrastruktur (software dan hardware), kesiapan sumber daya manusia dan penerapan kebijakannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada sesuai dengan apa adanya ketika peneilitian ini dilakukan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sebagai sumber data dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu itu seperti mengambil sampel dari orang yang dianggap paling tahu dengan apa yang diteliti melalui dokumentasi dan wawancara mendalam. Untuk menganalisis pengelolaan IR Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, peneliti meminjam teori-teori tentang IR yang dikemukakan oleh Crow, Elizabet Yakel dan Mary Westell. Di mana pengelolaan IR Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga didasari oleh 3 hal yaitu, menjadi IR sebagai tempat arsip, IR digunakan untuk kemudahan akses dan IR digunakan sebagai sarana pencitraan lembaga. Pengelolaan IR Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga melalui beberapa tahap yaitu, Pertama proses digitalisasi koleksi karya ilmiah Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga pada tahun 2011. Kedua, menerima penyerahan karya ilmiah. Ketiga, melalui proses upload mandiri. Namun pada tahap ketiga ini masih dalam proses sosialisasi. Pengelolaan IR Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga telah memenuhi 4 komponen yang dikemukakan oleh Crow yaitu adanya kebijakan institusi, pengelolaan IR berdasarkan local content, adanya kegiatan atau usaha pengumpulan dan pelestarian, serta pengelolaan IR Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yang menggunakan program eprint memungkinkan untuk dapat saling bekerjasama (interoperability) dan menganut konsep open access. Keberhasilan Pengelolaan IR Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga juga telah memenuhi faktor-faktor keberhasilan yang dikemukakan oleh Westell, yaitu adanya mandat/ legitimasi, adanya perencanaan yang terintegrasi dengan lembaga induk, mendapat pendanaan yang jelas, adanya program digitalisasi, interoperability, adanya evaluasi dan pengukuran, promosi dan adanya strategi preservasi digital. Beberapa tahapan pada pengelolaan IR, komponen dan faktor keberhasilan pengelolaan IR secara garis besar dapat dilihat dari 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor ekternal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Phil Sahiron Syamsuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perpustakaan Digital, Institutional Repository, Local Content, Grey Literature.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 30 Apr 2014 06:31
Last Modified: 02 Apr 2015 03:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12296

Actions (login required)

View Item View Item