PERPUSTAKAAN BAYT AL-HIKMAH PADA MASA KEEMASAN ISLAM (TINJAUAN HISTORIS PERAN BAYT AL-HIKMAH PADA MASA KHALIFAH HARUN AR-RASYID DAN KHALIFAH AL-MA’MUN)

ROHANA , NIM. 1120010021 (2013) PERPUSTAKAAN BAYT AL-HIKMAH PADA MASA KEEMASAN ISLAM (TINJAUAN HISTORIS PERAN BAYT AL-HIKMAH PADA MASA KHALIFAH HARUN AR-RASYID DAN KHALIFAH AL-MA’MUN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERPUSTAKAAN BAYT AL-HIKMAH PADA MASA KEEMASAN ISLAM (TINJAUAN HISTORIS PERAN BAYT AL-HIKMAH PADA MASA KHALIFAH HARUN AR-RASYID DAN KHALIFAH AL-MA’MUN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview
[img] Text (PERPUSTAKAAN BAYT AL-HIKMAH PADA MASA KEEMASAN ISLAM (TINJAUAN HISTORIS PERAN BAYT AL-HIKMAH PADA MASA KHALIFAH HARUN AR-RASYID DAN KHALIFAH AL-MA’MUN))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Bayt al-Hikmah merupakan perpustakaan umum pertama di Bagdad yang sekaligus akademi di Negara Islam. Penerjemahan karya-karya filsafat, kedokteran, astronomi, matematika, dan lain-lain yang berasal dari Yunani, Persia, dan India terjadi secara besar-besaran pada masa Khalifah Harun ar-Rasyid dan Khalifah al- Ma’mun. Melalui kedua khalifah ini Bayt al-Hikmah mengalami kemajuan yang besar terutama dalam pengembangan keilmuan. Dari latar belakang tersebut dapat ditarik rumusan masalah berikut; bagaimana perpustakaan Bayt al-Hikmah pada masa Khalifah Harun ar-Rasyid dan Khalifah al-Ma’mun, bagaimana peran dan pengaruh perpustakaan Bayt al-Hikmah terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perpustakaan Bayt al- Hikmah pada masa Khalifah Harun ar-Rasyid dan Khalifah al-Ma’mun, 2) untuk mengetahui peran Bayt al-Hikmah, dan 3) untuk mengetahui pengaruh peran Bayt al- Hikmah bagi pengembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan. Penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme-struktural untuk menjelaskan peran Bayt al-Hikmah dan teori-teori yang berkaitan dengan perkembangan perpustakaan Islam yaitu teori evolusi sosial H. Spencer dan teori evolusi kebudayaan L. H. Morgan. Sedangkan pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan sosiologis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode sejarah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kepustakaan dan dokumentasi. Dalam analisis data, gambaran cara kerja yang penulis lakukan adalah; penulis melakukan klasifikasi terhadap data-data berupa teks-teks yang diperoleh dari buku-buku primer, setelah itu dianalisis dengan menggunakan pendekatan sejarah kemudian dideskripsikan menurut urutan waktu berdasarkan data historis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perkembangan dan kemajuan perpustakaan Islam secara besar-besaran terjadi pada masa Daulah ‘Abbasiyyah. Terutama setelah berdirinya Bayt al-Hikmah yang merupakan gabungan dari perpustakaan, observatorium, dan biro penerjemahan. 2) peran perpustakaan Bayt al- Hikmah menunjukkan dua poin penting yaitu, pertama sebagai pusat pengembangan keilmuan yang mencakup pembelajaran, sarana diskusi, pusat penelitian, dan pusat penerjemahan. Kedua, sebagai pusat pemeliharaan naskah yang mencakup peran perpustakaan sebagai pusat penyimpanan dan penyalinan naskah dan buku. 3) Peran perpustakaan Bayt al-Hikmah sebagai pusat pembelajaran, sarana diskusi, pusat penelitian, penelitian, dan penyimpanan serta penyalinan naskah berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan keilmuan meliputi ilmu agama, sains, filsafat, dan sastra, serta mempengaruhi lahirnya ilmuwan-ilmuwan besar yang karyakaryanya menjadi dasar bagi studi-studi Eropa terutama pada abad pertengahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Nurul Haq, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perpustakaan Islam, Peran Bayt al-Hikmah, Perkembangan dan Kemajuan Keilmuan
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 30 Apr 2014 06:38
Last Modified: 02 Apr 2015 03:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12297

Actions (login required)

View Item View Item