PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA(FISIKA) SISWA DI SMP N 1 SEYEGAN

FAHMI LATIFAH - NIM. 03460515, (2008) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA(FISIKA) SISWA DI SMP N 1 SEYEGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kualitas pembelajaran fisika siswa kelas VII A di SMP N 1 Seyegan, dengan menggunakan sebuah strategi pembelajaran yaitu Group Investigation. Hasil ini, diharapkan dapat digunakan sebagai bahan kajian dan evaluasi bagi para guru dalam melaksanakan pembelajaran sebagai upaya untuk menciptakan proses perbaikan dalam pembelajaran yang berkesinambungan bagi peningkatan kualitas pembelajaran fisika siswa di SMP N 1 Seyegan.Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/ CAR) yang terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi/ evaluasi dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kulitatif Deskriptif dengan menghitung rerata setiap aspek yang dinilai dan mengkonversikan ke dalam kriteria kualitatif yang diacu. Metode pengumpulan data digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII A SMP N 1 Seyegan yang berjumlah 36 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, ada peningkatan keaktifan dalam proses belajar mengajar fisika. Untuk proses belajar siswa terdapat 6 aspek yang memperoleh kriteria baik, yaitu aspek respon siswa saat menerima pelajaran, cara menjawab permasalahan, ketepatan membuat kesimpulan, ketelitian mengukur, sikap diskusi, dan aktif dalam diskusi, sedangkan 2 aspek lagi memperoleh kriteria cukup yaitu, kemampuan menyanggah dan ekspresi dalam presentasi. Penilaian untuk keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan, dengan ditunjukkan pada siklus I diperoleh persentase sebesar 64,8 % dengan kriteria baik untuk keterampilan guru dalam mengajar, untuk siklus II persentase sebesar 83,3 % dengan kriteria baik sekali untuk keterampilan guru dalam mengajar dan untuk siklus yang III persentasenya sebesar 86,1 % dengan kriteria baik sekali untuk keterampilan guru dalam mengajar. Selain itu juga untuk keberhasilan produk pembelajaran fisika juga berupa rerata nilai tes pemahaman konsep yang mencapai 7,5 pada tindakan III lebih besar dari tindakan I yaitu 6,72 dan tindakan II yaitu 7,3. Secara keseluruhan penelitian ini telah berhasil menunjukkan bahwa telah ada peningkatan kualitas pembelajaran fisika baik itu proses pembelajaran fisika maupun produk dari pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, kualitas
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item