KESADARAN PARA PEDAGANG TERHADAP PENERAPAN KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI DI PASAR SIDOLAJU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR

SRI HARTATIK, NIM. 97382948 (2002) KESADARAN PARA PEDAGANG TERHADAP PENERAPAN KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI DI PASAR SIDOLAJU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Fak. Syariah.

[img]
Preview
Text (KESADARAN PARA PEDAGANG TERHADAP PENERAPAN KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI DI PASAR SIDOLAJU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KESADARAN PARA PEDAGANG TERHADAP PENERAPAN KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI DI PASAR SIDOLAJU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dunia perdagangan merupakan dunia yang penuh resiko dan liku-liku yang apabila dilaksanakan dengan tidak menggunakan aturan dan norma-norma agama, maka akan dapat nmenjerumuskan pada perilaku mementingkan diri sendiri, bukan bagaimana cara berperilaku dagang yang baik dan benar sesuai dengan norma ajaran Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif-analitik. Pengumpulan datanya menggunakan populasi dan sampel, dengan menggunskan metode observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan hukum empiris, dan pendekatan sosiologis, sedang metode analisa datanya melalui metode deskriptif analitik kualitatif, dan metode deskriptif analitik kuantitatif. Pelaksanaan perdagangan di pasar Sidolaju sudah banyak yang sesuai dengan ketentuan hukum Islam yang mana para pedagang menunjukkan perilaku pemahaman mereka dengan menerapkannya dalam bentuk perdagangan meskipun hal ini belum dilakukan secara keseluruhan karena masih ada yang menerapkan kadang-kadang saja yang dipengaruhi oleh faktor intern maupun ekstern serta ada yang menggunakan hukum adat karena ingin memelihara hubungan baik dengan pedagang lain ataupun yang menggunakan hukum positif karena merasa hukum tersebut lebih cocok bagi dirinya. Namun dari sekian kenyataan yang ada prosentasenya mayoritas dari pedagang menggunakan hukum Islam sebagai pedoman perdagangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Key word: kesadaran, pedagang, jul beli, pasar, hukum Islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Dra. Irhamny
Date Deposited: 30 Apr 2014 11:44
Last Modified: 04 May 2016 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12311

Actions (login required)

View Item View Item