PERUBAHAN SISTEM EVALUASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP EVALUASI PAI (TELAAH TERHADAP KEPUTUSAN MENDIKNAS RI NO. 011/U/2002)

ABDUL AZIZ , NIM. 99414133 (2003) PERUBAHAN SISTEM EVALUASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP EVALUASI PAI (TELAAH TERHADAP KEPUTUSAN MENDIKNAS RI NO. 011/U/2002). Skripsi thesis, Fak. Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN SISTEM EVALUASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP EVALUASI PAI (TELAAH TERHADAP KEPUTUSAN MENDIKNAS RI NO. 011/U/2002))
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN SISTEM EVALUASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP EVALUASI PAI (TELAAH TERHADAP KEPUTUSAN MENDIKNAS RI NO. 011/U/2002))
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, evaluasi memegang peranan yang amat penting. Sistem evaluasi di sekolah dasar selama ini dilaksanakan melalui Ebtanas yang sifatnya sentralisasi. Pada tanggal 28 Januari 2002 terbitlah keputusan Mendiknas RI No. 011/U/2002 tentang penghapusan Ebtanas di sekolah dasar dan sederajat, yang dirangkai dengan Keputusan mendiknas RI No. 012/U/2002 tentang system penilaian di sekolah dasar dan sederajat. Dua keputusan Mendiknas RI ini disambut gembira oleh para birokrat maupun para praktisi pendidikan karena dianggap sebagai solusi baru yang sangat menarik untuk dikaji labih lanjut sebagai masukan bagi perkembangan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk perubahan sistem evaluasi pendidikan di sekolah dasar, mengungkapkan makna perubahan sistem evaluasi bagi pemberdayaan pendidikan di sekolah dasar dan untuk menjelaskan implikasi perubahan sistem evaluasi pendidikan di sekolah dasar terhadap evaluasi PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan bersifat deskriptif analisis, yakni menguraikan secara teratur seluruh konsep yang ada relevansinya dengan pembahasan. Analisa data dilakukan dengan teknik deskriptif analisis dengan menggunakan metode berfikir induktif, deduktif dan kausal-komparatif. Dari hasil penelitian diambil kesimpulan bahwa: 1. Bentuk evaluasi pendidikan di sekolah dasar pasca penghapusan Ebtanas mengalami perubahan yang sangat signifikan berkaitan dengan evalusi akhir baik penyelenggaraan yang tidak lagi sentralisasi maupun bentuk pelaksanaannya yang tidak lagi menggunakan Ebtanas. 2. Perubahan sistem evaluasi pendidikan di sekolah dasar membawa makna bagi upaya pemberdayaan pendidikan yang dapat ditinjau dari sisi siswa, guru, sekolah, dan pemberdayaan setiap mata pelajaran di sekolah dasar. 3. Perubahan sistem pendidikan di sekolah dasar (berdasarkan Keputusan Mendiknas RI No. 011/U/2002 dan No. 012/U/2002) membawa implikasi yang sangat strategis bagi evaluasi PAI karena evaluasi PAI tidak saja bertujuan kognitif tetapi pencapaian aspek afektif dan psikomotorik siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: evaluasi pendidikan, evaluasi belajar, Pendidikan Agama Islam,Kementrian Pendidikan Nasional, Kemendiknas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Apr 2014 18:52
Last Modified: 27 Jul 2017 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12312

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum