USAHA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA (SLTP) TERPADU PONDOK PESANTREN DARUL-HIKMAH

CECEP DARUL IWAN, NIM. 96413226 (2002) USAHA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA (SLTP) TERPADU PONDOK PESANTREN DARUL-HIKMAH. Skripsi thesis, Fak. Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (USAHA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA (SLTP) TERPADU PONDOK PESANTREN DARUL- HIKMAH)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (USAHA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA (SLTP) TERPADU PONDOK PESANTREN DARUL- HIKMAH)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Darul- Hikmah Yogyakarta, selain itu untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan oleh lembaga pendidikan ini dalam rangka meningkatkan mutu pendidikannya. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dari usaha peningkatan mutu yang telah dilakukan, selain itu untuk mengetahui fakor pendukung dan penghambat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan datanya. Data yang terhimpun dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: a) SLTP Terpadu Pesantren Darul-Hikmah menerapkan sistem pendidikan terpadu, yaitu memadukan kurikulum pendidikan nasional dengan kurikulum kepesantrenan, b) usaha-usaha peningkatan mutu lembaga ini terletak pada peningkatan mutu input, proses dan output, c) secara akademik dan nonakademik lembaga ini mampu menunjukkan prestasinya, d) faktor pendukung dalam meningkatkan mutu lembaga ini adalah sarana pendidikan yang relatif lengkap, kompetensi pimpinan lembaga, potensi guru, dan sebagainya. Adapun faktor penghambatnya adalah belum tersedianya laboratorium IPA, ketidaksesuaian guru dalam mengajar dengan disiplin ilmu yang dimilikinya dan belum maksimalnya pengelolaan SDM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pondok Pesantren, Darul-Hikmah, mutu pendidikan, SLTP terpadu
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Apr 2014 19:03
Last Modified: 01 Sep 2016 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12313

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum