EFEKTIVITAS STRATEGI i POINT COUNTER POINT /i TERHADAP PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI

HAFIDZOTU NURU ZAHRO - NIM. 03450479, (2008) EFEKTIVITAS STRATEGI i POINT COUNTER POINT /i TERHADAP PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi Point Counter Point lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dalam rangka meningkatkan partisipasi dan kemampuan berpikir analitis siswa pada sub pokok bahasan pengaruh kegiatan manusia terhadap keanekaragaman hayati di kelas X C Semester II MAN Maguwoharjo Sleman. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan seberapa efektifkah penggunaan strategi Point Counter Point dibandingkan pembelajaran konvensional dilihat dari hasil pretes dan postes kedua kelompok serta seberapa besar partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung pada kedua kelompok. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment (Eksperimen semu). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MAN Maguwoharjo Sleman, dan diambil sampel 2 kelas atas dasar penunjukan sekolah (guru bidang studi) dan pertimbangan peneliti yaitu kelas X C sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pretes dan postes, serta lembar observasi. Analisis data untuk partisipasi siswa selama pembelajaran baik pembelajaran dengan strategi Point Counter Point maupun pembelajaran konvensional dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis data untuk soal tes (pretes dan postes) menggunakan uji t data berpasangan. Sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasarat yaitu uji normalitas sebaran uji homogenitas varians. Hasil analisis partisipasi selama proses pembelajaran Biologi menunjukkan bahwa 83,4% siswa tergolong pada kategori cukup baik dan baik untuk kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol 60% pada kategori kurang baik. Hasil analisis uji prasarat menunjukkan data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil analisis untuk uji t data berpasangan menunjukkan bahwa thit 5,20 ttab 2,689 yang artinya : tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari penggunaan strategi Point Counter Point terhadap kemampuan berpikir analitis siswa selama proses pembelajaran Biologi di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. Sudjoko, M.S.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, strategi Point Counter Point, partisipasi, dan kemampuan berpikir analisis.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item