HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS DUA MAN YOGYAKARTA IIII. YOGYAKARTA

AGUS MUKHLASIN , NIM. 98423959 (2003) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS DUA MAN YOGYAKARTA IIII. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS DUA MAN YOGYAKARTA IIII. YOGYAKARTA)
BAB I. IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS DUA MAN YOGYAKARTA IIII. YOGYAKARTA)
BAB II. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Terdapat asumsi bahwa ada hubungan yang positif antara religiusitas siswa dengan motivasi belajar mereka, siswa yang mempunyai tingkat rasa agama tinggi cenderung lebih termotivasi dan tekun dalam belajar sehingga mencapai prestasi yang memuaskan. Sebaliknya siswa yang mempunyai tingkat religiusitas yang rendah tidak akan bersemangat dalam belajar karena belajar bukan atas kesadaran akan pentingnya belajar dan kewajiban belajar guna mendekatkan diri kepada Tuhan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode pengumpulan datanya melalui angket, dan dokumentasi. Adapun populasinya adalah semua siswa kelas 2 MAN Yogyakarta III tahun ajaran 2002/2003 dengan teknik random sampling. Metode analisa datanya dengan menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan analisis korelasi product moment. Terdapat korelasi positif dan signifikan antara religiusitas dengan motivasi belajar bahasa arab siswa kelas 2 MAN Yogyakarta III. Adanya kontribusi positif antara religiusitas terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa kelas 2 MAN Yogyakarta III sebesar 41,99%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: religiusitas, motivasi belajar, siswa MAN
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 02 May 2014 10:13
Last Modified: 27 Jul 2017 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12330

Actions (login required)

View Item View Item